tokopedia-logo
Travel

Rencana mudik Lebaran 2021? Pelajari dulu!

Kode Promo:
KERETAYUK
Kode promo telah disalin

Pesan tiket kereta api untuk Ramadan 2021

Asal
Swap locations
Tujuan
Berangkat
Pulang
29 Sep 2021
Jumlah Penumpang
1 dewasa
STASIUN POPULER
0 Bandung (BD)
Bandung - Bandung (BD)
1 Cirebon (CN)
Cirebon - Cirebon (CN)
2 Gambir (GMR)
Jakarta - Gambir (GMR)
3 Pasar Senen (PSE)
Jakarta - Pasar Senen (PSE)
4 Malang (ML)
Malang - Malang (ML)
5 Semarangponcol (SMC)
Semarang - Semarangponcol (SMC)
6 Semarangtawang (SMT)
Semarang - Semarangtawang (SMT)
7 Surabaya Pasar Turi (SBI)
Surabaya - Surabaya Pasar Turi (SBI)
8 Yogyakarta (YK)
Yogyakarta - Yogyakarta (YK)
KOTA ASAL POPULER
0 Bandung
Kota Bandung - Semua Stasiun
1 Cirebon
Kota Cirebon - Semua Stasiun
2 Jakarta
Kota Jakarta - Semua Stasiun
3 Semarang
Kota Semarang - Semua Stasiun
4 Surabaya
Kota Surabaya - Semua Stasiun
5 Yogyakarta
Kota Yogyakarta - Semua Stasiun
STASIUN POPULER
0 Bandung (BD)
Bandung - Bandung (BD)
1 Cirebon (CN)
Cirebon - Cirebon (CN)
2 Gambir (GMR)
Jakarta - Gambir (GMR)
3 Pasar Senen (PSE)
Jakarta - Pasar Senen (PSE)
4 Malang (ML)
Malang - Malang (ML)
5 Semarangponcol (SMC)
Semarang - Semarangponcol (SMC)
6 Semarangtawang (SMT)
Semarang - Semarangtawang (SMT)
7 Surabaya Pasar Turi (SBI)
Surabaya - Surabaya Pasar Turi (SBI)
8 Yogyakarta (YK)
Yogyakarta - Yogyakarta (YK)
KOTA TUJUAN POPULER
0 Bandung
Kota Bandung - Semua Stasiun
1 Cirebon
Kota Cirebon - Semua Stasiun
2 Jakarta
Kota Jakarta - Semua Stasiun
3 Semarang
Kota Semarang - Semua Stasiun
4 Surabaya
Kota Surabaya - Semua Stasiun
5 Yogyakarta
Kota Yogyakarta - Semua Stasiun
Number of adult passengers
Dewasa
Usia 3 tahun ke atas
Number of infant passengers
Bayi
Usia di bawah 3 tahun

Pertimbangan info mudik lebaran 2021

Menjelang datangnya Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, tentunya kegiatan pulang kampung saat lebaran menjadi salah satu tradisi yang tidak pernah dilewatkan umat Muslim di Indonesia tiap tahunnya. Namun sayangnya, dikarenakan kondisi pandemi COVID-19 di Indonesia yang belum kunjung membaik, masyarakat Indonesia di tahun 2021 ini dilarang untuk melakukan kegiatan mudik sampai situasi sudah kembali aman terkendali.

Tahun ini, Hari Raya Idul Fitri yang juga merupakan hari libur nasional diperkirakan akan jatuh pada hari Kamis, 13 Mei hingga Jumat, 14 Mei 2021. Perlu diketahui bahwa pemerintah telah memberlakukan larangan mudik lebaran yang dimulai sejak tanggal 6 Mei sampai 17 Mei 2021. Terlebih lagi, pemerintah juga secara resmi telah menghapus cuti bersama Lebaran 2021, kecuali pada hari-H Idul Fitri. Kamu bisa cek berbagai informasi seputar lebaran, serta segala perlengkapan keperluan Ramadan-mu dan keluarga dari sekarang di Tokopedia.

Memantau Jalur dan Arus Mudik Lebaran

Dalam menyambut dan merayakan hari Lebaran di tahun 2021, pemerintah menyarankan agar masyarakat Indonesia untuk tidak bepergian jauh dan tetap menjauhi kerumunan. Hal ini guna memutus tali rantai sekaligus mencegah penyebaran virus COVID-19 yang lebih jauh di Indonesia. Kamu sebaiknya melakukan kunjungan keluarga apabila memang mendesak dengan keterangan yang jelas dan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Jika dalam kondisi seperti itu, kamu bisa pilih menggunakan transportasi yang aman dan efisien seperti kereta api untuk sampai ke kota tujuan. Dengan menggunakan kereta api, energimu tidak akan terkuras banyak karena tidak perlu menghadapi kemacetan jalan selama berjam-jam.

Melalui Tokopedia, kamu dapat beli tiket kereta api secara online dengan aman tanpa harus mengantri di kerumunan ramai yang tentu berbahaya saat masa pandemi ini. Tokopedia menyediakan tiket kereta api menuju berbagai destinasi dengan harga yang murah. Kamu juga tidak perlu menghabiskan waktu lama di perjalanan dan dapat bepergian dengan aman serta nyaman jika menggunakan kereta api. Contohnya seperti rute perjalanan dari Jakarta menuju Surabaya yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 9-12 jam, atau menuju Yogyakarta yang hanya akan memakan waktu kurang lebih 8 jam perjalanan saja. Hal ini pasti akan berbeda jika kamu harus berkendara sendiri dan hanya dapat dicapai setelah belasan jam perjalanan melewati arus mudik yang padat.

Bepergian pakai kereta api

Beli tiketmu dari sekarang, biar nggak kehabisan tiket kereta api dengan harga murah!

Bepergian pakai pesawat

Mau lebih cepat sampai di tujuan? Yuk, pesan tiket pesawat secara online di Tokopedia!

Butuh menginap di hotel?

Pesan di Tokopedia, makin aman dan nggak ribet!

Aturan Perjalanan Kereta Api di Tahun 2021

Mudik merupakan salah satu kegiatan tahunan yang biasa dilakukan umat Muslim untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri. Mudik seringkali digambarkan sebagai kegiatan silaturahmi mengunjungi sanak saudara di berbagai daerah atau kota. Namun, tahun ini kegiatan mudik harus dilakukan dengan cara yang berbeda mengingat Indonesia masih berada dalam masa pandemi. Sebagai solusinya, kamu bisa melakukan kegiatan silaturahmi dengan keluarga secara online tanpa harus kontak langsung.

Jika memang harus melakukan perjalanan jauh saat lebaran, kereta api bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu. Kamu dapat pesan tiket di Tokopedia secara online dengan aman dan mudah tanpa harus keluar rumah. Tokopedia juga menyediakan fitur Pesan Nanti jika ingin pesan tiket kereta api dari jauh-0jauh hari hingga H-090 sebelum keberangkatan. Melalui Tokopedia, kamu juga bisa mendapatkan harga tiket kereta api murah beserta aneka promo dan diskon menarik. Pastikan kamu mengikuti protokol kesehatan yang berlaku dan menyerahkan hasil rapid test terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan dengan kereta api.

Beli Tiket Kereta Api Dengan Aman

Tokopedia siap menghadirkan tiket kereta api dengan berbagai rute perjalanan dan harga yang murah untuk memenuhi kebutuhan perjalananmu di tahun 2021, termasuk pada bulan Ramadhan. Melalui Tokopedia, kamu dapat pilih dan pesan tiket kereta api dengan mudah secara online kapan saja dan tanpa perlu mengantri panjang.

Kamu dapat bebas memilih jenis tiket baik itu sekali jalan atau pulang-pergi sesuai kebutuhanmu beserta kelas kereta yang diinginkan, yaitu mulai dari kelas kereta ekonomi, bisnis, hingga eksekutif. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengisi data diri penumpang dengan lengkap dan benar sebelum melakukan pembayaran. Tersedia berbagai metode pembayaran yang dapat kamu gunakan, seperti OVO Cash, kartu kredit, internet banking, atau metode pembayaran instan seperti Klik BCA, BCA KlikPay, Mandiri ClickPay, Mandiri e-cash, dan e-pay BRI. Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa memilih untuk membayar pesanan tiket kereta api melalui Kantor Pos Indonesia dan minimarket terdekat seperti Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Lawson, dan Dandan.

Setelah transaksi berhasil, kamu akan langsung mendapatkan kode booking KAI melalui email atau SMS yang nantinya dapat digunakan untuk mencetak tiket fisik di counter KAI atau mesin tiket yang ada di stasiun. Tiket fisik inilah yang selanjutnya dipakai sebagai bukti penumpang sebelum kamu bisa menaiki kereta api. Untuk kamu yang berniat melakukan kegiatan mudik lebaran, perlu diingat bahwa pemerintah Indonesia memberlakukan larangan mudik dan menghimbau masyarakat untuk tidak keluar rumah apabila tidak diperlukan atau mendesak. Oleh karena itu, penting untuk kamu agar tetap mematuhi aturan dan protokol kesehatan yang ada jika ingin terhindar dari virus COVID-19 serta risiko berbahaya lainnya.

Patuhi Protokol Kesehatan COVID-19 Selama Bepergian

Mengingat masa pandemi yang belum usai, masyarakat Indonesia disarankan untuk tidak bepergian jauh keluar rumah termasuk melakukan tradisi mudik Lebaran. Apabila memang harus melakukan perjalanan ke luar daerah, maka kamu wajib untuk selalu mematuhi aturan dan protokol kesehatan yang berlaku. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran COVID-19 yang lebih luas dan mengurangi angka kasus positif di Indonesia. Dalam perjalanan, siapa pun yang bepergian harus senantiasa menerapkan protokol kesehatan 5M yaitu Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menghindari Kerumunan, serta Membatasi Mobilisasi dan Interaksi. Bagi kamu yang ingin melakukan perjalanan menggunakan kereta api, kamu juga wajib menyertakan hasil rapid terbaru yang menyatakan negatif COVID-19 sebelum keberangkatanmu. Pemerintah juga menganjurkan masyarakat yang telah berada di kerumunan saat dalam perjalanan untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari guna menghindari risiko penyebaran COVID-19. Yuk, amankan diri dan keluarga selama Lebaran dengan selalu menjaga kebersihan, kesehatan, dan protokol kesehatan yang berlaku!