Cek jadwal dan harga tiket kereta api ke Surabaya

Sebagai kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya menyimpan banyak tempat wisata unik dan menarik yang wajib kamu kunjungi, seperti Tugu Pahlawan, Kebun Binatang Surabaya, Jembatan Suramadu, Pantai Kenjeran, Rumah Batik, Monumen Kapal Selam, dan Museum WR. Soepratman. Aneka kuliner khas ibukota Jawa Timur ini juga tidak boleh sampai terlewatkan. Ada Lontong Balap, Rujak Cingur, Tahu Tek, Rawon Setan, dan aneka sambal yang sudah siap menggoyang lidahmu. Mau liburanmu ke Surabaya jadi lebih hemat? Yuk temukan tiket kereta ke Surabaya lebih murah di Tokopedia!

Lihat apa saja yang bisa Anda lakukan di Surabaya

Rekomendasi Tiket

Rp
Lihat Rincian:
Dewasa (x): @ Rp
Bayi (x): @ Rp 0
Pesan Tiket Sekarang
Penuh

Surabaya menyimpan banyak potensi wisata yang bisa kita nikmati, mulai dari wisata sejarah, religi, alam, wisata belanja, hingga wisata keluarga. Untuk kamu yang berencana berlibur ke Surabaya, berikut beberapa rekomendasi tempat wisata yang bisa kamu kunjungi.

Wisata Alam

  • Pantai Kenjeran
    Walaupun Surabaya merupakan kota modern, tapi kita masih bisa menemukan pantai nan cantik yang bisa menghilangkan kepenatan lho, Pantai Kenjeran. Letak pantai ini juga tidak terlalu jauh dari pusat kota Surabaya, hanya sekitar 9 km. Selain menawarkan pemandangan alam yang indah, di Pantai Kenjeran kamu juga bisa menikmati fasilitas lainnya seperti playground, penyewaan perahu, kios-kios yang menjajakan makanan dan souvenir khas olahan pantai, arena pemancingan, hingga pacuan kuda.

  • Hutan Mangrove Wonorejo
    Hutan Mangrove yang terletak tidak jauh dari bandara Juanda ini bisa menjadi alternatif tempat wisata bagi kamu yang ingin menghilangkan kepenatan. Pemandangan hutan mangrove yang hijau ditambah dengan suasana nan sejuk, pastinya akan memberikanmu ketenangan.

  • Jembatan Suramadu
    Jembatan Suramadu menjadi salah satu ikon kota Surabaya. Jembatan yang menghubungkan antara Surabaya dengan Madura ini terbentang hingga 5,5 km dan menjadi jembatan terpanjang di Indonesia. Jembatan ini awalnya dibangun dengan tujuan untuk memudahkan pergerakan ekonomi antara Surabaya dan Madura. Namun kini, jembatan Suramadu juga menjadi tempat wisata yang terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan.

Wisata Sejarah

  • Tugu Pahlawan
    Karena Surabaya dikenal sebagai Kota Pahlawan, tempat yang pertama kali wajib kamu datangi saat berlibur ke ibukota provinsi Jawa Timur ini adalah Monumen Tugu Pahlawan. Monumen ini akan mengingatkan kita pada semangat para pahlawan dalam memperjuangan kemerdekaan Indonesia dari tangan para penjajah.

  • Jembatan Merah
    Jembatan merah merupakan saksi bisu perjuangan Arek-Arek Suroboyo dalam melawan penjajah pada 10 November 1945. Selain wisata sejarah, tempat ini juga bisa menjadi spot foto yang bagus dengan gedung-gedung tua khas Belanda sebagai background.

  • Museum W.R. Soepratman
    Museum W.R. Soepratman merupakan rumah di mana pencipta lagu Indonesia Raya ini meninggal dunia. Selain rumah sederhana dengan gaya arsitektur yang antik, kamu bisa menemukan patung W.R. Soepratman di depannya.

  • Monumen Kapal Selam
    Monumen Kapal Selam atau yang sering disingkat dengan Monkasel sebenarnya merupakan kapal selam KRI Pasopati 410 yang menjadi salah satu armada angkatan laut Republik Indonesia di wilayah timur. Kapal selam ini pernah dilibatkan dalam pertempuran Laut Aru untukmembebaskan Irian Barat dari tangan Belanda. Di tempat ini, kamu juga bisa menikmati pemutaran film tentang peperangan yang terjadi di Laut Aru.

  • House of Sampoerna
    Museum Sampoerna atau yang lebih dikenal dengan House of Sampoerna menjadi salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi saat datang ke Surabaya. Di museum bergaya arsitektur kolonial Belanda yang dibangun pada tahun 1862 ini, kamu bisa menikmati berbagai macam koleksi mulai dari alat pengolah tembakau, berbagai jenis pematik, alat-alat musik, hingga foto dan silsilah keluarga Sampoerna. Selain itu, kamu juga bisa belanja aneka souvenir khas Surabaya untuk dijadikan sebagai oleh-oleh di sini.

Wisata Religi

  • Masjid Nasional Al Akbar
    Masjid Nasional Al-Akbar merupakan masjid terbesar kedua di Indonesia setelah Masjid Istiqlal. Masjid dengan ciri khas kubah besar yang didampingi dengan 4 kubah kecil berbentuk limas dan memiliki 45 pintu ini menjadi salah satu tempat yang wajib kamu singgahi untuk beribadah.

  • Makam Sunan Ampel
    Makam Sunan Ampel terletak di kompleks Masjid Sunan Ampel. Di temoat ini lah, Radem Achmad yang dikenal sebagai Sunan Ampel menghabiskan masa hidupnya hingga akhirnya meninggal pada tahun 1481. Konon, di tempat inilahpara ulama dan Wali Allah berkumpul untuk membicarakan ajaran Islam sekaligus membahas metode penyebarannya di Pulau Jawa.

  • Masjid Cheng Ho
    Masjid Muhammad Cheng Hoo memiliki gaya arsitektur yang menarik dengan perpaduan budaya Islam, China dan Jawa yang tampak dari dominasi warna merah, hijau dan emas. Berawal dari kedatangan Laksamana Cheng Ho alias Sam Poo Kong untuk mengunjungi kerajaan Majapahit sekaligus menyebarkan Islam di daerah Jawa, namanya pun diabadikan menjadi nama Masjid ini.

  • Gereja Katolik Santa Perawan Maria
    Gereja yang juga dikenal dengan nama Gereja Kepanjen ini merupakan gereja terbesar di Surabaya. Gereja Katolik Santa Perawan Maria ini memiliki gaya arsitektur Eropa abad pertengahan ini sangat unik dan memiliki nilai seni yang tinggi.

  • Klenteng Hok An Kiong
    Klenteng Hok An Kiong merupakan klenteng tertua di Surabaya yang dibangun pada tahun 1830. Awalnya kawasan ini merupakan tempat persinggahan bagi pendatang dari Tiongkok, hingga kini berkembang menjadi pemukiman warga Tionghua.

Wisata Keluarga

  • Kebun Binatang Surabaya
    Bagi kamu yang ingin mengajarkan sang buah hati tentang hewan, kamu bisa mengajaknya ke Kebun Binatang Surabaya. Berbagai koleksi hewas dari segala penjuru dunia bisa kamu temukan di sini.

  • Taman Bungkul
    Mendapat gelar sebagai taman terbaik se-Asia, membuat Taman Bungkul menjadi tempat wisata yang wajib kamu kunjungi bersama keluarga. Selain tumbuhan hijau, kamu juga bisa menikmati berbagai fasilitas lengkap di sini, mulai dari taman bermain anak, jogging track, arena skateboard, hingga kolam air mancur.

  • Ciputra Waterpark
    Taman bermain keluarga seluar 5 hektar ini merupakan tempat wisata berkonsep wahana air terbesar di Surabaya. Berbagai wahana seru bisa kamu dan keluarga nikmati di sini, mulai dari Roc Thunder Ride, Marina Lagoon, Sinbad Playground, Syracuse Beach, Racer Slider dan masih banyak lagi.

Wisata Belanja

  • Mall:
    Tunjungan Plaza, Galaxy Mall, Supermal Pakuwon Indah & Pakuwon Trade Center, Surabaya Town Square, Grand City Mall, Lenmarc Mall, Ciputra World Mall, The Square, Pasar Atom & Pasar Atom Mall, City of Tomorrow, Plaza Surabaya, Royal Plaza, BG Junction, ITC, Golden City Mall, dan Maspion Square.

  • Factory outlet:
    Family Outlet

  • Tempat belanja murah:
    Jembatan Merah Plaza, Pusat Grosir Surabaya, Darmo Trade Center, Kapas Krampung Plaza, dan Royal Square

  • Pasar spesialis:
    World Trade Center, HI-TECH Mall, Plasa Marina, Tunjungan Electronic Center, dan Empire Palace.

  • Pasar tradisional:
    Pasar Genteng dan Pasar Ampel.

Tempat Makan

  • Soto Ayam Ambengan Pak Sadi
    Walaupun Soto Ambengan Pak Sadi sudah membuka banyak cabang di Jakarta, tidak ada salahnya kita mencicipinya langsung di daerah asalnya, Surabaya. Mie, tauge, kol, dan daging ayam yang disiram dengan kuah soto dengan bumbu yang kaya akan rempah-rempah pastinya akan memberi sensasi tak terlupakan di lidahmu.
    Alamat: Jalan Ambengan No. 3A, Gubeng, Surabaya

  • Sambal Bu Rudy
    Untuk kamu pecinta sambal, jangan lupa mampir ke depot Sambal Bu Rudy. Di sini kamu bisa menikmati aneka sambal bersama aneka jenis makanan berat seperti nasi bakar. Selain itu, kamu juga bisa membeli aneka makanan khas Surabaya untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.
    Alamat: Jalan Dharmahusada 140, Surabaya

  • Soto Lamongan Cak Har
    Soto Lamongan Cak Har menawarkan soto berkuah santan dengan rasa yang super gurih dan kental. Kamu juga bisa memilih aneka jenis soto sesuai dengan selera, mulai dari soto ceker ayam, daging ayam, hingga jeroan.
    Alamat: Jalan Ir. Soekarno, Surabaya

  • Rujak Cingur Ahmad Jais
    Jika ingin merasakan rujak cingur dengan rasa bumbu kacang yang gurih dan cingur yang kenyal nan empuk, kamu bisa datang langsung ke warung Rujak Cingur Ahmad Jaiz. Perpaduan antara aneka sayur, cingur, dan bumbu kacang dengan komposisi yang begitu pas, pasti akan terasa begitu mantap di lidah.
    Alamat: Jalan Achmad Jais No. 40 Wonokromo, Surabaya

  • Nasi Bebek Cak Yudi
    Bagi kamu pecinta bebek, mampirlah ke Nasi Bebek Sayang Anak Cak Yudi saat bertandang ke Surabaya. Sajian daging bebeknya yang gurih dan empuk dipadukan dengan sambal pecit, akan menciptakan rasa yang enak dengan sensasi meledak di mulut.
    Alamat: Jalan Kepanjen, Surabaya

  • Rawon Pak Pangat
    Rawon menjadi salah satu makanan khas Surabaya yang wajib banget kamu cicipi. Nah salah satu tempat makan rawon yang banyak dinikmati di Surabaya adalah Rawon Pak Pangat. Suwiran daging empalnya yang empuk berpadu dengan kuah gurih yang tidak terlalu berlemak, membuat rasa rawonnya benar-benar enak dan juga sehat.
    Alamat: Jalan Ketintang Baru Selatan I/15, Surabaya

  • Bebek Goreng Sinjay
    Tekstur daging yang empuk, rasa yang gurih berpadu dengan sambal lalapan yang pedasnya muantep, membuat Bebek Goreng Sinjay mencari salah satu tempat makan yang paling diincar di Surabaya. Irisan cabe rawit dan mangga mudanya akan memberi sensasi pedas sekaligus segar karena rasa mangganya yang asam.
    Alamat: Jalan Kapas Krampung No. 45, Surabaya

  • Mie Pecun
    Mie Pecun, kuliner mie pedas asli Surabaya ini sudah siap untuk menggoyang lidahmu. Menyediakan mie dengan berbagai varian rasa pedas dengan nama yang unik seperti Paket Culun, Paket Galau, dan Paket Klimax, Mie Pecun menjadi tempat favorit bagi para penggila makanan pedas. Alamat: Jalan Anjasmoro, Sawahan, Surabaya

  • Lontong Balap Garuda Pak Gendut
    Lontong Balap memang menjadi salah satu ikon kuliner kota Surabaya. Nah untuk kamu yang sedang mencari tempat makan Lontong Balap terenak di Surabaya, mampirlah ke Lontong Balap Garuda Pak Gendut. Warung yang tidak pernah sepi pengunjung ini disajikan lengkap dengan lontong, tauge, lento, dan bumbu petis yang terasa begitu pas di lidah.
    Alamat: Jalan Kranggan No. 60, Surabaya

  • Kepiting Cak Gundul
    Kamu pecinta seafood? Jangan lupa melipir ke warung seafood Cak Gundul yang terkenal dengan menu kepitingnya. Cobalah menu favorit di sini, Kepiting Bumbu Kare dan Kepiting Asam Manis. Dijamin akan bisa memuaskan lidahmu. Selain kepiting, tempat ini juga menyediakan menu seafood lainnya secara lengkap, mulai dari kerang, ikan, cumi, udang, dan masih banyak lagi.
    Alamat: Jalan Raya Kupang Indah No. 45 C-D, Surabaya

  • Pakuwon City Food Festival
    Buat kamu yang masih bingung mau makan apa, datanglah ke Pakuwon Food Festival. Di sini kamu bisa menemukan ratusan menu makanan, mulai dari makanan tradisional khas Surabaya hingga makanan modern, semuanya tersedia lengkap.
    Alamat: Jalan Kejawen Putih Mutiara No. 17, Surabaya

  • Eskrim Zang Gradi
    Untuk kamu yang merasa gerah dengan cuaca Surabaya yang panas, datanglah berteduh ke Eskrim Zangradi. Kedai es krim yang berdisi sejak tahun 1933 ini merupakan kedai es krim pertama di Surabaya. Banyaknya pilihan menu es krim yang menyegarkan ditambah dengan bangunan arsitekturnya yang unik dan kuno, akan membuat kamu merasa betah untuk berlama-lama di sini.
    Alamat: Jalan Yos Sudarso No.15, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya

Surabaya, ibukota dari provinsi Jawa Timur ini merupakan kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Nama Surabaya atau yang dalam bahasa Jawa disebut dengan Suroboyo, berasal dari berasal dari bahasa Jawa Suro yang berarti ikan hiu yang besar, dan boyo yang berarti buaya. Penamaan Surabaya ini juga berkaitan erat dengan kemenangan Raden Wijaya saat melawan pasukan Tartar. Di sini suro merupakan lambang dari pasukan tartar yang datang dari laut, sedangkan pasukan majapahit digambarkan sebagai Boyo yang menyerang dari darat.

Surabaya terkenal dengan sebutan Kota Pahlawan untuk mengenang jasa perjuangan para Arek-Arek (Pemuda-Pemuda Surabaya) dalam mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajah. Di sanalah pernah terjadi peperangan dahsyat antara Arek-Arek Suroboyo melawan pasukan Inggris yang berhasil menewaskan jenderal pasukan Inggris, A.W.S Mallaby. Selain itu, pertempuran dahsyat yang terjadi pada tanggal 10 November 1945 ini juga ditetapkan sebagai Hari Pahlawan.

Pembagian Wilayah Surabaya

Kota Surabaya sendiri terbagi dalam 5 wilayah, antara lain:

  1. Surabaya Pusat terdiri dari 4 kecamatan, yaitu Tegalsari, Simokerto, Genteng, dan Bubutan. Dari keempat kecamatan tersebut, Bubutan sering menjadi destinasi favorit para wisatawan karena di sanalah terdapat Monumen Tugu Pahlawan yang dbangun untuk mengenang perjuangan Arek-Arek Suroboyo pada 10 November 1945.

  2. Surabaya Timur terdiri dari 7 kecamatan, yaitu Gubeng, Gunung Anyar, Sukolilo, Tambaksari, Mulyorejo, Rungkut, dan Tenggilis Mejoyo. Nah di kecamatan Gubeng lah terdapat stasiun kereta api terbesar di Surabaya, Stasiun Gubeng.

  3. Surabaya Barat terbagi menjadi 7 kecamatan, antara lain Benowo, Pakal, Asemrowo, Sukomanunggal, Tandes, Sambikerep, dan Lakarsantri. Kecamatan Tandes merupakan kawasan industri dengan perkembangan yang pesat dan menawarkan peluang usaha yang cukup menjanjikan.

  4. Surabaya Utara sendiri terdiri dari 5 kecamatan, yaitu Bulak, Kenjeran, Semampir, Pabean Cantikan, dan Krembangan. Surabaya Utara populer dengan Pantai Kenjeran yang berada di kecamatan Kenjeran. Pantai Kenjeran menjadi pantai yang ramai dikunjungi saat akhir pekan dan masa liburan.

  5. Surabaya Selatan terbagi ke dalam 7 kecamatan, yaitu Wonokromo, Wonocolo, Wiyung, Karangpilang, Jambangan, Gayungan, Dukuh Pakis, dan Sawahan. Sebagai pusatnya perbelanjaan tradisional dan terkenal dengan stasiun keretanya, Wonokromo menjadi daerah yang paling ramai di Surabaya Selatan.

Salah satu transportasi yang bisa kita gunakan untuk menuju ke Surabaya adalah kereta api. Selain lebih hemat, berlibur ke Surabaya dengan naik kereta api pastinya juga akan memberi pengalaman yang tidak terlupakan. Surabaya sendiri memiliki 4 stasiun kereta utama, yaitu stasiun Pasar Turi, Gubeng, Surabaya Kota, dan stasiun Wonokromo.

  • Stasiun Gubeng
    Stasiun Gubeng merupakan stasiun kereta api terbesar di Surabaya yang juga merupakan stasiun keberangkatan utama KA dari Kota Surabaya, khususnya yang melalui jalur selatan dan timur. Berlokasi di Jalan Gubeng Masjid 1, tepat di tengah-tengah kota Surabaya, membuat stasiun Gubeng bisa diakses dengan mudah dari segala penjuru. Stasiun Gubeng ini melayani kereta api berbagai kelas, mulai dari kereta kelas ekonomi, bisnis hingga eksekutif.

  • Stasiun Pasar Turi
    Stasiun Pasar Turi berfungsi sebagai tempat pemberangkatan utama semua kereta api dari arah Surabaya yang melintasi jalur Pantura (Surabaya, Bojonegoro, Cepu, Semarang, Cirebon, Jakarta). Sebagai salah satu stasiun utama, stasiun yang terletak di Jalan Semarang No.1, Alun-Alun Contong, Bubutan Pusat ini juga melayani kereta api semua kelas, baik kelas ekonomi, bisnis, maupun eksekutif.

  • Stasiun Surabaya Kota
    Stasiun Surabaya Kota atau yang lebih populer dengan nama Stasiun Semut ini terletak di sebelah utara Stasiun Surabaya Gubeng. Stasiun ini biasanya menjadi stasiun tujuan terakhir di Kota Surabaya dari jalur kereta api Pulau Jawa bagian selatan. Stasiun Semut saat ini hanya dijadikan sebagai tempat singgaj kereta api jarak menengah dan jauh, serta melayani jarak dekat saja.

  • Stasiun Wonokromo
    Stasiun Wonokromo berlokasi di bagian selatan Surabaya dan menjadi gerbang masuknya kereta api dari arah selatan Pulau Jawa (Malang/Banyuwangi) dan barat daya (Madiun) menuju Surabaya. Mulai 1 Agustus 2015, kereta api ekonomi jarak jauh juga singgah di stasiun ini untuk melayani naik turun penumpang (kecuali Jayabaya), yang menjadikan stasiun ini sebagai stasiun khusus persinggahan kereta api kelas ekonomi di Surabaya.

Sebagai kota metropolitan dengan perkembangan yang pesat, transportasi publik di Surabaya pun mengalami perkembangan. Ada banyak pilihan moda transportasi yang bisa kita gunakan saat berlibur ke Surabaya.

  • Kereta
    Untuk berkeliling di daerah Jawa Timur, kamu juga bisa menggunakan kereta api dan komuter. Misalnya dari Surabaya ke Sidoarjo. Berikut beberapa daftar stasiun yang menjadi tempat keberangkatan kereta komuter Surabaya-Sidoarjo.

    • Stasiun Wonokromo. Telepon: 031-8410-694
    • Stasiun Gubeng. Telepon: 031-5033-115
    • Stasiun Pasar Turi. Telepon: 031-5345-014
    • Stasiun Semut. Telopon: 031-3521-465
  • Bus Kota
    Untuk berkeliling Surabaya, kamu juga bisa menggunakan bus kota baik patas maupun ekonomi. Bus kota ini memiliki 19 rute yang tersebar pada jalan-jalan utama dan berangkat dari terminal-terminal utama, seperti terminal Purbaya, Joyoboyo, Bratang, Tambak oso Wilangun, dan terminal lainnya yang lebih kecil.

  • Taksi
    Sama halnya seperti di Jakarta, kamu juga bisa menemukan berbagai taksi di Surabaya, seperti Bluebird, Silver, Express Taxi, dan Orenz Taxi. Untuk kamu yang ingin melakukan pemesanan, bisa menghubungi nomor telepon di bawah ini.

    • Blue Bird Group: 031-3721-234)
    • Orenz Taxi: 031-8799-999
    • Silver Taxi: 031-5625-555
    • Express Taxi: 031-8417-878
  • Angkutan Kota (Angkot)
    Angkot menjadi transportasi publik yang paling ekonomis di Surabaya. Terdapat kurang lebih 57 rute yang dijangkau oleh angkot, bukan hanya jalan utama, namun juga bisa menjangkau jalan-jalan kecil di Surabaya.

  • Becak
    Selain transportasi modern, di Surabaya juga masih ada transportasi tradisional seperti becak lho. Namun sayangnya, becak tidak tersedia di jalan-jalan utama dan hanya bisa kita temukan di jalan-jalan kecil dan pinggiran Surabaya. Jika ingin naik becak, jangan lupa untuk menawar harganya terlebih dulu dengan si pengemudinya.

  • Mobil Rental
    Jika datang beramai-ramai ke Surabaya, tidak ada salahnya kamu menyewa satu mobil untuk menyusuri semua tempat di ibukota provinsi Jawa Timur ini. Di Surabaya pun tersedia banyak jasa penyewaan mobil yang bisa kita pilih, beberapa di antaranya:

    • Rafindotrans. Jalan Raya Wonorejo Selatan kav. 17. Telepon: 031-8799-779. Email: info.rafindo@yahoo.com
    • Trinitar. Jalan Jemur Andayani 21-38 Surabaya. Telepon: 031-7299-0072. Email: book@trinitar.com
    • Cipaganti, Jalan S. Parman III No.12 Raya Waru. Telepon: 031-7707-0000 Email: sby@cipaganti.com
    • Kalla Rent Surabaya. Jalan Ngagel Jaya No.42 Gubeng. Telepon: 031-5035-033
    • Danar Rentcar Surabaya. Jalan Rungkut Tengah V No.8. Telepon: 0812-16446-166

Sebagai kota metropolitan, Surabaya menyediakan banyak tempat penginapan yang bisa kamu pilih saat berlibur ke sana, mulai dari penginapan dengan harga backpacker hingga hotel bintang lima.

Penginapan Budget

  • Krowi Inn. Jalan Ciliwung 66, Wonokromo. Telepon: +62 853 3035 1800, +62 853 3035 1900. Website: www.krowiinn.com
  • Pasar Besar Hotel. Jalan Pasar Besar Wetan No.33, Alon-Alon Contong, Bubutan
  • Hotel Merdeka. Jalan Bongkaran No.6. Telepon: 031-3520-654, 0812-3231-762
  • Family Guest House. Jalan Gubeng Kertajaya 8C No.15. Telepon: 031-5022-268
  • Green House Homestay. Unimas Garden Regency H 23 Waru Sidoarjo. Telepon: 031-8537-629, 031-8544-241, 0813-3042-6696
  • Puri Kencana. Jl. Kalimantan No.9, Gubeng
  • Soerabaya Place Homestay. Jalan Jaksa Agung Suprapto No.27, Ketabang, Genteng. Telepon: 031-5342-851
  • Pavillijoen Hotel. Jalan Genteng Besar No.94-98. Telepon: 031-5343-449
  • Sparkling Backpacker Hotel. Jalan Kayon No.2A-B. Telepon: 031-5321-388
  • Da Rifi Hostel. Jalan Duku II /190, Pondok Candra Indah. Telepon: 0813-3474-3870

Hotel Berbintang

  • Singgasana Hotel Surabaya. Jalan Gunungsari. Telepon: 031-5682-703
  • TS Suites, Townsquare Surabaya No.6, Sawunggaling, Wonokromo. Telepon: 031-5631-222
  • Puri Darmo Serviced Residence. Jalan Raya Kupang Baru No.17A, Dukuh Kupang, Dukuh Pakis. Telepon: 031-7326-066
  • Ibis Rajawali. Jalan Rajawali No.9-11. Telepon: 031-3539-994
  • Hotel Narita. Jalan Barata Jaya XVII No.57-59, Baratajaya, Gubeng. Telepon: 031-5016-969
  • Hotel Sahid. Jalan Sumatera 1-15. Nomor Telepon/Kontak: 031-5032711
  • Hotel Weta. Jalan Genteng Kali No.3-11. Telepon: 031-5319-494
  • Hotel Mercure. Jalan Raya Darmo No.68. Telepon: 031-5623-000
  • Hotel Equator. Jalan Pakis Argosari No.47, Dukuh Pakis. Telepon: 031-5687-170
  • Hotel Santika Pandegiling. Jalan Pandegiling No.45, Raya Darmo. Telepon: 031-5667-707
  • Hotel Singgasana. Jalan Gunungsari. Telepon: 031-5682-703
  • Novotel. Jalan Raya Ngagel No.173-175, Ngagel, Wonokromo. Telepon: 031-5018-900
  • Garden Palace. Jalan Yos Sudarso No.11. Telepon: 031- 5321-001
  • Hotel Tunjungan. Jalan Tunjungan No.102-104. Telepon: 031-5466-666
  • Sheraton Surabaya Hotel & Towers Jalan Embong Malang No.25-31. Telepon: 031-5468-000
  • JW Marriott. Jalan Embong Malang No.85. Telepon: 031-5458-888
  • Hotel Majapahit. Jalan Tunjungan No.65, Genteng. Telepon: 031-5454-333
  • Shangri-La Hotel. Jalan Mayjend Sungkono No.120. Telepon: 031-6003-8888
  • Hotel Bumi Surabaya. Jalan Jenderal Basuki Rahmat No.106-128. Telepon: 031-5311-234

Darurat

  • Ambulans: 118
  • Polisi: 110

Rumah Sakit

  • RSUD Dr. Soetomo. Jalan Prof. Moestopo 6-8. Telepon: 031-5340-061
  • RSUD Haji. Jalan Manyar Kertoadi. Telepon: 031-5947-760
  • RS Darmo. Jalan Raya Darmo. Unit Gawat Darurat. Telepon: 031-5676-253
  • RS Mitra Keluarga. Jalan Satelit Indah II Darmo Satelit. Telepon: 031-7345-333
  • RS William Booth. Jalan Diponegoro 34. Telepon: 031-5678-917
  • RS Vincentius. A. Paulo. Jalan Diponegoro 51. Telepon: 031-5677-562
  • Rumah Sakit PHC Surabaya. Jalan Prapat Kurung Selatan No. 1 Tanjung Perak. Telepon: 031- 3294-801. UGD 24: 031-3294-118
  • RS Adi Husada Kapasari. Jalan Kapasari No. 97-101. Telepon: 031-3764-555
  • RS Adi Husada. Jalan Undaan Wetan No.40-44
  • RS Surabaya Internasional. Jalan Nginden Intan Barat No.1-6. Telepon: 031-5993-211
  • Siloam Hospital. Jalan Gubeng Raya 70. Telepon: 031-5031-333, 031-5031-821, 031-5038-211
  • RS Husada Utama. Jalan Mayjen Prof. Dr. Moestopo 31-33-35. Telepon: 031-5017-975

Kantor Polisi

  • Polda Jatim. Jalan Ahmad Yani. Telepon: 031-8280-748
  • Polrestabes Surabaya. Jalan Sikatan 1. Telepon: 031-3523-927

Kantor Informasi Wisata

  • Jalan Wisata Menanggal. Telepon: 031-8531-815. Telepon: 031-8531-820
  • TIC Balai Pemuda. Jalan Pemuda Surabaya. Telepon: 031-5340-444