Cek jadwal dan harga tiket kereta api ke Semarang

Kota Semarang terkenal dengan ragam destinasi wisata. Sebagai ibukota Provinsi Jawa Tengah, Semarang juga menyimpan banyak kekayaan budaya yang patut dikunjungi. Mulai dari Klenteng Sampookong, pagoda tertinggi Vihara Buddhagaya Watugong, wisata eksotisnya budaya Tionghoa di Pecinan, hingga jelajahi Masjid Agung Jawa Tengah. Jika berkunjung ke Semarang, sempatkan untuk menikmati makanan khasnya yaitu Lumpia, Roti Ganjel Rel dan Wingko yang cocok juga dijadikan oleh-oleh. Jadikan Semarang sebagai destinasi wisatamu.

Lihat apa saja yang bisa Anda lakukan di Semarang

Rekomendasi Tiket

Rp
Lihat Rincian:
Dewasa (x): @ Rp
Bayi (x): @ Rp 0
Pesan Tiket Sekarang
Penuh

Mulai dari Klenteng Sampookong, pagoda tertinggi Vihara Buddhagaya Watugong, wisata eksotisnya budaya Tionghoa di Pecinan, hingga jelajahi Masjid Agung Jawa Tengah.

Simpang Lima Ciy Center (SLCC) adalah salah satu Central Business District (CBD) atau Kawasan Bisnis Terpadu yang terletak di Semarang Pusat dan salah satu CBD yang berkembang di jantung kota Semarang. Tidak heran apabila banyak bangunan-bangunan jangkung atau biasa disebut pencakar langit ada dikawasan ini.

Kota Semarang juga termasuk kota tujuan tempat para pelajar melanjutkan pendidikannya. Ada beberapa universitas negeri di Semarang yang banyak diburu para calon mahasiswa. Diantaranya Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Negeri Semarang (UNNES), Politeknik Negeri Semarang (POLINES), UIN Walisongo dan Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang (P3B/BPLP/PIP).

Maka, tak heran bila Semarang menjadi kota destinasi pelajar untuk menuntut ilmu. Bukan pemandangan asing, bila banyak mahasiswa di kota Semarang berasal dari berbagai penjuru di Indonesia.

Wisata Alam

Berbicara tentang wisata alam, Semarang memiliki beberapa tempat wisata alam yang layak dikunjungi. Misalnya di wilayah Tambak Harjo, ada Pantai Maron dan Pantai Tirang. Untuk harga tiket Pantai Maron cukup murah. Di sini, akan tersaji keindahan pantai yang indah dan bisa dinikmati sambil berenang bebas dilaut Pantai Maron.

Karena pantai ini cukup landai, pantai ini terbilang aman untuk berenang termasuk anak kecil. Selain itu, Pantai Maron memiliki ombak yang tidak terlalu besar. Selain itu, ada juga Pantai Marina di daerah Tawangsari serta Pulau Tirangcawang di Kelurahan Tugu.

Bosan dengan area pantai? Bisa juga mengunjungi Goa Kreo, di Kelurahan Kandri dan Kampoeng Wisata Taman Lele Semarang yang menyediakan danau buatan. Di sana terdapat juga penginapan, sepeda air, berbagai permainan untuk anak-anak, terdapat kolam renang dan juga memiliki kebun binatang. Cocok sekali untuk rekreasi bersama keluarga.

Wisata Sejarah

Wisata rasanya terasa lengkap bila bisa sembari memperbanyak wawasan. Di Semarang, ada banyak tempat wisata sejarah yang bisa kamu kunjungi. Mulai dari Museum MURI, Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah, Museum Jamu Nyonya Meneer, Museum Jawa Tengah, di Kelurahan Gisikdrono, hingga Museum Mandala Bhakti.

Selain itu, tak ada salahnya untuk berkunjung ke landmark yang sudah terkenal seperti Lawang Sewu atau Tugu Muda. Sempatkan untuk berkeliling agar menambah informasi tentang sejarah Semarang. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengunjungi Candi Tugu di Kelurahan Tugurejo. Bila ingin menapak tilas Semarang di masa lampau, cobalah berkunjung ke Little Netherland atau yang terkenal sebagai Kota Tua Semarang di Kelurahan Purwodinatan. Nikmatilah sensasi penuh kenangan di kota lama Semarang sambil mencicipi kuliner setempat.

Wisata Religius

Semarang juga dikenal dengan banyak tempat wisata yang berbau religius. Tempat wisata populer diantaranya Klenteng Sam Po Kong di daerah Simongan yang merupakan sebuah bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok beragama islam yang bernama Zheng He / Cheng Ho. Di sana terdapat Klenteng Sam Poo Kong yang dikenal dengan nama Kenteng Gedong Batu. Hampir semua bangunannya didominasi dengan warna merah dan terdapat banyak patung dewa dewi di sekitarnya. Beberapa bangunan beratap susun dua, bahkan ada yang susun tiga untuk bangunan yang berada di tengah. Arsitektur bangunan tercermin sebagai akulturasi arsitektur dari China Daratan.

Ada juga Masjid Agung Jawa Tengah di Kelurahan Sambirejo yang merupakan salah satu masjid termegah di Indonesia. Masjid dengan arsitektur indah ini dibangun pada tahun 2001. Masjid Agung Jawa Tengah tepatnya terletak di jalan Gajah Raya, tepatnya di Desa Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang.

Masjid ini mampu menampung jamaah tak kurang dari 15.000 . Pada tahun 2006, upacara peresmian ditandai dengan penandatanganan batu prasasti setinggi 3,2 m dan berat 7,8 ton yang terletak di depan masjid. Prasasti terbuat dari batu alam yang berasal langsung dari lereng Gunung Merapi.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi Pagoda Buddhagaya di Pudak Payung, Banyumanik, Semarang Selatan yang merupakan pagoda tertinggi di Indonesia. Buddhagaya Watugong terletak 45 menit dari pusat Kota Semarang dan memiliki banyak bangunan serta berada di area yang luas.

Salah satu ikon yang paling terkenal di vihara ini adalah Pagoda Avalokitesvara (Metta Karuna), dimana didalamnya terdapat Buddha Rupang yang besar. Pagoda Avalokitesvara yang memiliki tinggi bangunan setinggi 45 meter dengan 7 tingkat, yang bermakna bahwa seorang pertapa akan mencapai kesucian dalam tingkat ketujuh.

Wisata kuliner khas Semarang
  • Bandeng Presto
    Alamat: Jl. Pamularsih, Bongsari, Semarang, Kota Semarang, Jawa Tengah
    Telepon: (024) 76630433

  • Soto Bangkong "Soto Semarang"
    Alamat: Ruko Bangkong Plaza, Jl. Brigjen Katamso No. 1, Jawa Tengah
    Telepon: (024) 84212842

  • Mie Kopyok
    Alamat: Jalan Tanjung No. 18A, Jawa Tengah
    Telepon: 0856-4137-2758

  • Tahu Pong
    Alamat: Jl. Gajah Mada No. 63B, Jawa Tengah
    Telepon: (024) 3556440

  • Nasi Pecel Koyor ANA AMINAH
    Jl Lamper Tengah, Lampersari
    Semarang, Jawa Tengah

Oleh-oleh khas Semarang

Saat berwisata, seolah jadi tradisi bila pulang membawa buah tangan atau oleh-oleh. Beberapa jenis makanan yang layak dijadikan oleh-oleh dari Semarang misalnya Lumpia, Roti Ganjel Rel, Wingko, Mari Wijen dan Tahu bakso ungaran. Kamu bisa berburu oleh-oleh di pasar terbesar dan terlengkap di Semarang yaitu Pasar Johar.

Di Pasar Johar ini kamu bisa berburu aneka oleh-oleh yang banyak pilihannya. Mulai dari batik, kaos Semarangan, serta berbagai cinderamata lainnya. Atau bisa juga menjelajahi Jalan Pandanaran. Kawasan ini merupakan tujuan favorit wisatawan untuk berburu oleh-oleh. Selain letaknya di tengah kota, oleh-oleh yang bisa didapatkan pun sangat lengkap. Mulai dari jajanan, cinderamata, dan berbagai oleh-oleh khas lainnya. Kawasan ini selalu ramai dari pagi hingga malam hari.

Kota Semarang dikenal sebagai ibu kota provinsi Jawa Tengah. Kota ini juga populer dengan ragam destinasi wisatanya. Semarang juga menyimpan banyak kekayaan budaya yang patut dikunjungi. Semarang merupakan bagian dari kerajaan Mataram Kuno. Bagian kota Semarang Bawah dahulu merupakan laut.

Dahulu, di pesisirnya terdapat pelabuhan yang diperkirakan berada di daerah Pasar Bulu dan memanjang masuk ke Pelabuhan Simongan, tempat armada Laksamana Cheng Ho bersandar pada tahun 1435 M. Di tempat pendaratannya, Laksamana Cheng Ho mendirikan kelenteng dan mesjid yang sampai sekarang masih dikunjungi dan disebut Kelenteng Sam Po Kong (Gedung Batu) yang kini menjadi salah satu destinasi wajib dikunjungi di Semarang.

Kota Semarang dapat ditempuh dengan perjalanan darat, laut, dan udara. Untuk menjangkau kota Semarang, bisa menggunakan kereta api, bis antar kota hingga pesawat terbang. Semarang memiliki peranan penting dalam sejarah kereta api Indonesia. Dalam masa Hindia Belanda, pembangunan jalan kereta api dimulai dari desa Kemijen menuju desa Tanggung sepanjang 26 Km) dan jalan kereta api ini mulai dioperasikan untuk umum Sabtu, 10 Agustus 1867.

Semarang memiliki dua stasiun kereta api yaitu Stasiun Semarang Tawang untuk kereta api kelas bisnis dan eksekutif, serta Stasiun Semarang Poncol untuk kereta api kelas ekonomi dan angkutan barang. Dengan kereta api, Semarang terhubung ke Jakarta, Bandung dan Surabaya dan kota lainnya. Kereta tercepat antara Semarang dan Jakarta memakan waktu sekitar 6 jam. Di jalur utama utara, antara Semarang dan Pekalongan, jalur kereta api mengikuti garis pantai, menyediakan penumpang dengan pemandangan indah Laut Jawa.

Tak hanya itu, bisa juga bepergian ke Semarang juga bisa menggunakan pesawat terbang melalui bandara udara Ahmad Yani International Airport. Lokasi bandara cukup dekat dari pusat kota dengan ragam rute penerbangan domestik ke kota-kota besar di Indonesia. Selain itu, Semarang juga terhubung ke tujuan internasional Singapura oleh SilkAir dan AirAsia, dan Kuala Lumpur oleh AirAsia.

Semarang dilalui jalur Pantura yang menghubungkan Jakarta dengan kota-kota di pantai utara Pulau Jawa. Saat ini sedang dibangun jalan tol yang menghubungkan Semarang dengan Solo. Angkutan bus antarkota dipusatkan di Terminal Terboyo, Kecamatan Genuk. Angkutan dalam kota dilayani oleh bus kota, angkot, dan becak. Ada juga berupa bus seperti TransSemarang, yang juga dikenal dengan BRT (Bus Rapid Transit), sebuah moda angkutan massal meskipun tidak menggunakan jalur khusus seperti busway (Trans Jakarta) di Jakarta.

  • Star Hotel
  • MG suit hotel
  • Grand edge hotel semarang
  • Oaktree Emerald Semarang
  • Louis Kienne Hotel Simpang Lima
  • Grand Candi
  • Hotel Ciputra
  • Crowne Plaza Semarang

Untuk menanggulangi berbagai kebutuhan darurat, dibawah ini merupakan daftar no telepon yang bisa dihubungi :

  • Ambulans: (024) 118 8413476
  • Ambulans Kecelakaan: (024) 8313416
  • Bandara Ahmad Yani: (024) 7608735
  • Dinas Kebakaran: (024) 113, 7607076, 7605871, 7616867
  • Polsek Semarang Barat: (024) 7604153
  • Polsek Semarang Selatan: (024) 8315123
  • Polsek Semarang Tengah: (024) 3545175
  • Polsek Semarang Timur: (024) 6716191
  • Polsek Semarang Utara: (024) 3545162
  • Poltabes Semarang: (024) 8444444
  • Pelayanan PDAM: (024) 8315514
  • Stasiun KA Tawang: (024) 3544544
  • Terminal Bus Terboyo: (024) 6581924, 6581921
  • Informasi Jalan Tol Gayamsari: (024) 6724169
  • Informasi Jalan Tol Muktiharjo: (024) 3566320
  • Informasi Jalan Tol Tembalang: (024) 7479197
  • Pariwisata: (024) 3515451, 8318021
  • Kantor SAR Semarang: (024) 3580027
  • Pengaduan & Informasi PLN: (024) 290123, 3547651 s/d 3547655
  • Pengaduan Gangguan Telepon: (024) 117
  • PMI Semarang: (024) 3541237

Berikut merupakan nomor telepon rumah sakit dengan layanan 24 jam sebagai antisipasi keperluan darurat :

  • RSUP Dr Kariadi: (024) 841-3476
  • RSI Sultan Agung: (024) 6580019
  • RS Bhayangkara (024) 672-0675
  • RS Pantiwilasa Jl. Dr. Cipto: (024) 356-7128
  • RS Pantiwilasa Citarum: (024) 354-2224
  • RS Roemani Semarang: (024) 844-4623
  • RS Tlogorejo: (024) 844-6000
  • RS. Jiwa Pusat Semarang: (024)6722564