Cek jadwal dan harga tiket kereta api ke Malang

Sedang mencari tiket kereta api ke Kota Malang? Sebagai salah satu kota metropolitan di Jawa Timur, perjalanan kereta api menuju “Kota Bunga” selalu dinanti-nanti. Dikelilingi pegunungan dan pemandangan indah, Kota Malang merupakan salah satu tujuan wisata yang terkenal di Indonesia. Dilindungi oleh pegunungan besar di Jawa, Malang bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin berpetualang. Atau, jika ingin berbelanja, Kota Malang menyajikan ribuan kreasi lokal unik, oleh-oleh hingga wisata kuliner khas Kota Malang. Beli tiket kereta api ke Kota Malang di Tokopedia, cek jadwal lebih mudah dengan harga lebih murah."

Lihat apa saja yang bisa Anda lakukan di Malang

Rekomendasi Tiket

Rp
Lihat Rincian:
Dewasa (x): @ Rp
Bayi (x): @ Rp 0
Pesan Tiket Sekarang
Penuh

Selain memberikan kesempatan untuk mengeksplorasi bangunan-bangunan kuno, wisata kuliner. Kota Malang juga memberikan tantangan untuk wisatawan yang ingin berpetualangan dan lebih dekat dengan alam.

Kota Malang terletak didataran tinggi dan dikelilingi oleh pegunungan besar seperti Gunung Bromo Tengger, Semeru, Butak, Gunung Kawi, Arjuno dan Gunung Panderman. Wisata dengan mendaki ke puncak gunung umum dilakukan oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Untuk wisatawan yang ingin merasakan hal yang lain di Kota Malang, dapat mengunjungi beberapa lokasi wisata lainnya seperti,

  • Pantai Balekambang (Balekambang, Ngliyep dan Sendang Biru) merupakan sebutan dari masyarakat lokal untuk ketiga pantai di selatan Kota Malang ini. Banyak dikunjungi dikarenakan pemandangan indah dan suasana relaksasi.
  • Ijen Boulevard merupakan lokasi wisata yang menarik untuk berjalan kaki. Wisatawan dapat menikmati suasana layaknya zaman kolonial Belanda dengan bangunan struktur kuno yang mendukung atmosfir masa lampau.
  • Candi Singosari merupakan peninggalan kerajaan Hindu yang berdiri kokoh di wilayah Malang. Disini pengunjung dapat menikmati patung hingga kolam pemandian yang dikenal dengan nama “Ken Dedes”. Selain itu, di kawasan ini juga terdapat Candi Jago dan Candi Kidal.
  • Kebun Raya Purwodadi yang terletak di Pasuruan. Kebun raya ini memiliki koleksi tanaman yang besar, cocok untuk rekreasi dan bersantai bersama keluarga.
  • Museum Militer Brawijaya yang berada di Jl. Ijen. Di museum ini pengunjung dapat melihat peninggalan serta dokumentasi perang kemerdekaan.

Kota Malang memiliki segudang ide dan tujuan berwisata kuliner. Bagi pengunjung yang ingin merasakan cita rasa kuliner lokal dari sekedar makan hingga jajan bisa berkunjung ke lokasi yang ramai penjual seperti Pasar Malam Malang di Jl. Merdeka, buka setiap hari Sabtu.

Untuk pengunjung yang ingin mengeksplorasi kuliner khas Jawa Timur bisa mencoba mie Jawa yang dijual oleh Depot Lima Satu, Resto Inggil di Jalan Gajah Mada, Warung Pojok Malang yang terkenal dengan rujak pedasnya, Martabak Cairo yang juga menyuguhkan sate, kopi dan nasi goreng cairo dan Warung Subuh yang sangat populer dikalangan masyarakat dan anak muda Malang.

Tentunya Kota Malang tidak terlepas dari keberadaan cafe atau tempat malam malam yang menarik untuk dikunjungi. Bagi pengunjung yang ingin merasakan minuman kopi namun juga ingin relaks dengan atmosfir coffee shop dapat sesekali berkunjung ke Van Oosten Coffee Shop. Cafe lain yang memungkinkan pengunjung untuk bersantap malam di Malang adalah Bunga Bali Restaurant & Cafe. Tentu momen makan malam terbaik tidak bisa dilewatkan begitu saja di Kota Malang.

Malang merupakan kota yang sejuk dan dipenuhi dengan sejarah serta kisah-kisah yang menarik perhatian banyak orang. Berlokasi di daratan tinggi dan dikelilingi pegunungan, Kota Malang bisa dicapai dari Kota Surabaya dengan menempuh perjalanan selama 1.5 hingga 2 jam.

Kota Malang merupakan bagian dari Malang Raya, yang didalamnya turut serta Kabupaten Malang dan Kota Batu. Seluruh wilayah Malang berbatasan langsung dengan Kabupaten Malang dan merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya. Kawasan Malang Raya merupakan salah satu daerah tujuan wisata di Indonesia.

Selain sebagai destinasi wisata utama di Jawa Timur, Kota Malang juga dikenal sebagai kota pendidikan dengan banyaknya universitas dan politeknik, baik negeri maupun swasta.

Berdasarkan catatan sejarah, kawasan Malang merupakan ibukota dari Kerajaan Hindu Singhasari pada tahun 1222. Di daerah ini pula ditemukan banyak prasasti, bangunan candi dan arca-arca, sangat menarik untuk pengunjung yang ingin mempelajari sejarah Kota Malang dan kawasannya.

Di abad ke 17, seperti kota-kota lain di Indonesia, Kota Malang tumbuh menjadi kota yang maju dan modern dibawah pengaruh Kolonial Hindia Belanda. Pembangunan dilakukan untuk menjadikan Malang sebagai sebuah kota yang nyaman untuk keluarga Belanda. Fasilitas umum diutamakan seperti kawasan perumahan yang hanya bisa dinikmati oleh orang Belanda dan bangsa Eropa lainnya.

Selain faktor tersebut, Koa Malang memang menjadi tujuan populer bangsa Eropa dikarenakan cuacanya yang sejuk dan hijau dikelilingi oleh alam. Tak ayal, keindahan Malang disebut-sebut sebagai Paris-nya Jawa Timur atau Swiss-nya Indonesia dikarenakan tata kotanya yang rapi layaknya negara di Eropa.

Memasuki abad ke 18, Kota Malang semakin berkembang pesat dengan adanya jalur kereta api yang menghubungkan Malang dengan kota-kota perdagangan di Jawa Timur.

Saat merencanakan perjalanan ke Kota Malang, menggunakan kereta api memberikan pengalaman terbaik di sepanjang perjalanan. Kota Malang dilalui jalur kereta api dari beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya. Stasiun perhentian di Kota Malang bisa dipilih dari tiga stasiun kereta berikut,

  • Stasiun Malang Kota Baru
    Merupakan stasiun kereta api terbesar di Kota Malang dan penumpang yang melakukan perhentian di Stasiun Malang Kota Baru akan disuguhi pemandangan asri Gunung Panderman. Lokasi stasiun ini juga berdekatan dengan Alun-alun bundar, Gedung DRPD dan Balai Kota Malang dan Pasar Klojen.

  • Stasiun Blimbing Malang
    Stasiun Blimbing berlokasi paling utara di Kota Malang dan berada di Kelurahan Purwodadi, Blimbing. Dahulu, stasiun ini merupakan kantor pusat perusahaan kereta api swasta milik pemerintah Hindia Belanda, mengoperasikan trem yang kini sudah tidak aktif. Dari Stasiun Blimbing ini, penumpang dapat pergi menuju Bandara Internasional Abdul Rachman Saleh.

  • Stasiun Kota Lama Malang
    Berlokasi di selatan Kota Malang, stasiun ini merupakan stasiun tertua yang dibangun pada tahun 1879. Stasiun Kota Lama tetap aktif beroperasi walau kapabilitas untuk menampung jumlah penumpang minim dan letaknya yang kurang strategis, cukup jauh dari pusat kota.

Kota Malang memiliki jalur pedestrian yang lebar, tata kota yang rapi dan cuaca yang sejuk. Tidak sulit berkeliling di Kota Malang, apalagi dengan berjalan kaki untuk menikmati suasana kota yang asri.

Untuk bepergian menuju lokasi yang berdekatan, jika berjalan kaki dirasa kurang praktis, pengunjung atau turis dapat menggunakan becak. Mudah didapati dengan mudah di tengah kota.

Taksi tersedia setiap saat namun jangan heran jika jarang ditemukan taksi kosong berjalan lalu-lalang di jalan protokol. Umumnya taksi di Malang menunggu pemesanan melalui telepon yang bisa dihubungi di nomor berikut,

  • Citra Taxi - Telp: 0341-404-040
  • Argo Mandala - Telp: 0341-474-747
  • Argo Perdana - Telp: 0341-488-888
  • Bima Taxi - Telp: 0341-717-171

Transportasi umum yang selalu terhubung dengan stasiun kereta api di Kota Malang adalah angkutan kota (angkot). Mobil mini-van ini biasa berlalu-lalang dan merupakan pilihan transportasi murah di Kota Malang. Angkot di Kota Malang dapat dibedakan dengan mudah dari huruf atau penanda unik seperti warna garis yang menentukan trayek atau rute perjalanannya.

Ada juga angkutan pariwisata yang disponsori oleh pemerintah kota bernama Bus Macyto,Bus Malang City Tour. Bus ini melewati titik-titik pariwisata di kota seperti museum, tempat wisata kuliner dan factory outlet.

Bermalam di Kota Malang, wisatawan dapat memilih berbagai tempat penginapan mulai dari hotel budget, homestays hingga hotel berbintang yang menawarkan berbagai fasilitas.

Penginapan dengan harga murah bisa didapati dengan berbagai penawaran penginapan homestays. Dimana pengunjung dapat tinggal dikamar yang disediakan oleh warga Malang. Selain menginap, pengunjung dapat berkonsultasi dan mempelajari adat lokal dari penghuni rumah.

  • Bamboe Denn - Jl. Arjuna No 1 - 0341-366-256. Terkenal dikalangan backpackers di Malang, tempat penginapan ini bersebelahan dengan sekolah bahasa Inggris.
  • Hotel Helios - Jl. Patimura No 37 - 0341-362-741. Merupakan hotel bagi backpackers dengan ruangan dan kamar mandi yang bersih. Terdapat koneksi WiFi gratis dan pengunjung dapat melakukan reservasi untuk tour di kota Malang disini.
  • Kampong Tourist - Jl. Patimura No 37 - 0341-345-797. Backpackers akan menemukan tempat penginapan yang bersih dengan suasana nyaman. Fasilitas yang disediakan lengkap seperti air panas, koneksi WiFi, tour lokal, terdapat pula cafe, bar dan tv.
  • Hotel Menara - Jl. Pajajaran No. 5 - 0341-362-871. Lokasi berdekatan dengan stasiun kereta, bisa dicapai hanya dengan berjalan kaki. Ruangan cukup besar dan restaurannya dikenal menyuguhkan aneka khas makanan Indonesia.