Cek jadwal dan harga tiket kereta api ke Jogja

Jogja adalah salah satu kota di wilayah Jawa Tengah yang masih sangat kental terasa budayanya. Maka jangan heran saat mengunjungi kota ini, kamu akan disambut dengan barisan keraton yang masih terawat dengan sangat apik ditambah adanya bangunan candi peninggalan sejarah yang berdiri kokoh. Tidak hanya itu, di Kota Pelajar ini kamu juga bisa menikmati tempat wisata lainnya, seperti indahnya Pantai Parangtritis, asiknya nongkrong di Malioboro, dan wisata kekinian lainnya. Yuk pesan tiket keretamu di Tokopedia.

Lihat apa saja yang bisa Anda lakukan di Jogja

Rekomendasi Tiket

Rp
Lihat Rincian:
Dewasa (x): @ Rp
Bayi (x): @ Rp 0
Pesan Tiket Sekarang
Penuh

Banyak sekali tempat-tempat yang bisa kamu eksplor di kota Jogjakarta ini. Mulai dari tempat yang menyimpan banyak sejarah, wisata alam yang masih alami, sampai tempat nongkrong para anak muda masa kini.

Tempat Wisata

  • Candi Prambanan
    Alamat: Jl. Jogja - Solo Km 16 Prambanan, Yogyakarta 55282
    Telepon: +62-274-496408

  • Candi Borobudur
    Alamat: Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

  • Keraton Yogyakarta
    Alamat: Alun-Alun Selatan Patehan, Kraton Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
    Telepon: (0274) 374500

  • Istana Air Taman Sari
    Alamat: Jl. Taman Kraton, Yogyakarta

  • Malioboro
    Alamat: Jl. Malioboro, Daerah Istimewa Yogyakarta

  • Museum Sonobudoyo
    Alamat: Jl. Trikora No. 6, Pendowoharjo, Daerah Istimewa Yogyakarta

  • Goa Selarong
    Alamat: Guwosari, Pajangan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

  • Goa Jomblang
    Alamat: Padukuhan Jetis Wedan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

  • Taman Pintar Yogyakarta
    Alamat: Jl. Senopati No. 1-3, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
    Telepon: (0274) 583631

  • Selain tempat wisata, Jogjakarta juga memiliki banyak tempat perbelanjaan mulai dari pusat perbelanjaan seperti Galeria Mall, Jogjatronik Mall, Malioboro Mall, Jogja City Mall, Ramai Family Mall, Ambarrukmo Plaza, Mirota Kampus Department Store, Gardena, Sahid J-Walk Mall, dan Toko Progo.

Saat berkunjung ke Jogjakarta, kamu tidak perlu bingung mencari tempat makan karena Jogja adalah salah satu kota di Jawa Tengah yang merupakan surga wisata kuliner. Beragam jenis kuliner bisa kamu nikmati di sini dan siap memanjakan lidahmu dengan cita rasanya yang khas serta menggugah selera.

Daftar Tempat Makan di Jogjakarta

  • Angkringan Kopi Joss Lik Man
    Alamat: Kawasan Stasiun Tugu Jogja

  • Nasi Goreng Beringharjo
    Alamat: Jl. Mayor Suryotomo No. 7, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

  • Jejamuran
    Alamat: Jl. Magelang KM. 11 No. 53 RT 01/ RW 02, Niron, Pandowoharjo, Tridadi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

  • Sate Klathak Pak Pong
    Alamat: Jl. Stadion Sultan Agung atau Jl. Imogiri Timur Km 7, Wonokromo, Bantul

  • Oseng-Oseng Bu Narti
    Alamat: Jl. KH. Ahmad Dahlan, Gang Purwodiningratan, Yogyakarta

  • House Of Raminten
    Alamat: Jl. FM Noto 7, Kota Baru, Yogyakarta

  • Lotek Teteg
    Alamat: Jl. Argolubang 184 Gang Delima GK. IV/196, Baciro, Yogyakarta

  • Manggar Manding
    Alamat: Jl. Parangtritis KM. 11,5 Manding, Bantul, Yogyakarta

  • Gudeg Pawon
    Alamat: Jl. Janturan No. 36, Warungboto, Umbulharjo, Daerah Istimewa Yogyakarta

  • Warung Mbah Gito
    Alamat: Jl. Ni Ageng Nis, No. 9, Rejowinangung, Kota Gede, Yogyakarta

Daftar Kafe di Jogjakarta

  • Kalimilk
    Alamat: Jl. Kaliurang KM 4,9 Yogyakarta

  • Tempo Gelato
    Alamat: Jl. Prawirotaman, No. 43, Brontokusuman, Mergangsan, Daerah Istimewa Yogyakarta

  • Legend Coffee
    Alamat: Jl. Abu Bakar Ali, No. 24, Kotabaru, Yogyakarta

  • Epic Cafe
    Alamat: Jl. Palagan Tentara, No. 29, Sleman, Yogyakarta

  • Roaster and Bear
    Alamat: Jl. P. Mangkubumi, No. 52, Jetis, Yogyakarta

Yogyakarta - Biasa disebut juga dengan Jogjakarta atau Jogja merupakan salah satu tempat wisata di Indonesia. Daerah Istimewa Yogyakarta adalah wilayah tertua di Indonesia setelah Jawa Timur dan terletak di bagian selatan provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Kota Yogyakarta dibangun pada tahun 1755, bersama dengan dibangunnya Kerajaan Ngayogyakarta Hadiningrat oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I. Asal usul nama Yogyakarta diambil dari dua suku kata, yakni Ayogya atau Ayodhya yang berarti kedamaian dan Karta yang berarti baik. Yogyakarta adalah kota yang ramai penduduk, di sana juga terdapat tujuan wisata paling populer di Jawa. Terutama karena adanya Candi Borobudur yang merupakan salah satu keajaiban dunia, serta Candi Prambanan. Kota ini merupakan pusat seni dan pendidikan, maka tidak heran jika Jogja mendapat julukan sebagai Kota Pelajar. Selain itu, di sini menawarkan banyak fasilitas, diantaranya pusat belanja dan tempat wisata.

Sebenarnya, kota Yogyakarta hanya satu dari lima kabupaten di wilayah semi-otonom dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kabupaten tersebut diantaranya Kabupaten Bantul, Kabupaten Wonosari, Kabupaten Wates, Kabupaten Sleman dan Yogyakarta sendiri. Kota Yogyakarta merupakan ibukota dan pusat pemerintahan Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebelum bergabung dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Yogyakarta memiliki sistem pemerintahan berbentuk kerajaan (Kasultanan Ngayogyakarto Hadiningrat dan Pakualaman), kebudayaan tersebut masih kental melekat pada masyarakat di kota Yogyakarta.

Saat Proklamasi Kemerdekaan RI, Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Sri Paku Alam VIII menyatakan kepada Presiden RI, bahwa Daerah Kasultanan Yogyakarta dan Daerah Pakualaman menjadi bagian wilayah Negara Republik Indonesia, serta bergabung menjadi satu kesatuan Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada tanggal 4 Januari 1946 sampai 17 Desember 1949, Yogyakarta mempunyai peranan penting dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia bahkan sempat menjadi Ibukota Negara Republik Indonesia. Tanggal 4 Januari kemudian ditetapkan sebagai hari Yogyakarta Kota Republik pada tahun 2010.

  • Stasiun Tugu Ngayogyakarta
    Stasiun Tugu Ngayogyakarta atau dikenal juga dengan Stasiun Tugu merupakan stasiun kereta api paling besar yang terletak di Kota Yogyakarta. Stasiun ini merupakan pintu utama keluar masuknya wisatawan yang berkunjung ke Jogja, mulai dari pulang kampung, keperluan bisnis, sampai berwisata. Stasiun Tugu merupakan salah satu peninggalan Belanda, hal tersebut terlihat jelas mulai dari detil bangunan, eksterior hingga interior stasiun. Stasiun Tugu terletak di tengah kota, dan dikelilingi pusat kota Yogyakarta, yakni Tugu Yogyakarta, Malioboro, dan Kraton Yogyakarta. Karena tempatnya yang strategis dan mudah dijangkau, kamu bisa dengan mudah menuju ke berbagai lokasi wisata, penginapan, dan sekolah. Stasiun Tugu melayani keberangkatan dan kedatangan hampir semua kelas kereta api, kecuali kereta api kelas ekonomi subsidi.

  • Stasiun Lempuyangan
    Stasiun yang satu ini juga dibangun oleh Pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1872 di atas tanah milik Keraton Yogyakarta. Awalnya, Stasiun Lempuyangan hanya berfungsi sebagai stasiun barang, namun pada 1 Desember 1997, stasiun ini melayani keberangkatan dan kedatangan kelas ekonomi, lokal, dan komuter. Lokasi Stasiun Lempuyangan berada di tengah kota bagian timur, sehingga menjadi kawasan yang sering menjadi tempat beraktivitas, mulai dari komersial dan jasa. Hal ini membuat kawasan Stasiun Lempuyangan menjadi berkembang.

  • Stasiun Wates
    Stasiun Wates berada di kecamatan Wates, Kabupaten Kulonprogo, D.I Yogyakarta dan merupakan satu-satunya stasiun di Kulonprogo. Terdapat 5 jalur yang masih digunakan sampai saat ini. Jalur 1 digunakan untuk jalur perjalanan langsung dari arah barat, jalur 2 untuk perjalanan langsung dari arah timur, jalur 3 digunakan untuk pemberhentian kereta api dari arah timur maupun barat. Sementara untuk jalur 4 dan 5 digunakan untuk stabling gerbong atau bongkar muat. Beberapa kereta api yang singgah di Stasiun Wates, diantaranya adalah KA Gajah Wong, KA Progo, KA Lodaya, KA Krakatau, KA Bengawan, KA Logawa, KA Jaka Tingkir, KA Senja Utama Yogya, KA Bogowonto, KA Fajar Utama Yogya, KA Kahuripan, KA Jaka Tingkir dan KA Prambanan Ekspres.

  • Stasiun Maguwo
    Stasiun Maguwo Yogyakarta adalah stasiun intermoda yang menggabungkan berbagai moda transportasi. Stasiun ini merupakan stasiun kereta api bandara pertama di Indonesia yang memiliki empat jalur dengan jalur 2 dan 3 sebagai sepur lulus. Dulunya stasiun ini hanyalah stasiun kecil yang fungsinya hanya menjadi titik persilangan KA jarak jauh, bongkar muat gerbong, dan titik langsir untuk memasok avtur. Karena jaraknya yang berdekatan dengan Bandar Udara Adi Sucipto, stasiun Maguwo dibenahi dan disinggahi oleh KA komuter saja. Meski bangunan stasiun ini sudah terbilang lama, namun tetap dipertahankan karena memiliki nilai sejarah dan pernah tampil di film Janur Kuning (1979)

  • Stasiun Patukan
    Stasiun Patukan atau Stasiun Pathukan (PTN) terletak di Desa Ambarketawang, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Nama Stasiun Patukan diambil dari sebuah dusun tempat stasiun ini berada. Tidak ada kereta api yang berhenti di stasiun ini, kecuali jika terjadi persusulan antarkereta api.

  • Stasiun Rewulu
    Stasiun Rewulu terletak di Argomulyo, Sedayu, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Gaya bangunan stasiun ini mirip dengan Stasiun Bantul, Palbapang, Winongo, Kedundang, Sukoharjo, maupun Woko, yakni berupa ventilasi bulat berterali besi kotak-kotak. Stasiun ini hanya melayani KA barang bahan bakar Pertamina.

  • Stasiun Sentolo
    Stasiun kereta api ini terletak di Sentolo, Kulon Progo, Yogyakarta dan tepat berada di pinggir jalan raya Wates - Yogyakarta. Dulunya terdapat stasiun Kalimenur di sisi selatan dan stasiun Sedayu di sisi timur, namun stasiun ini sudah tidak beroperasi sejak tahun 1980 dan 1990-an.

  • Trans Jogja
    Untuk menjelajahi kota Yogyakarta ada beberapa pilihan transportasi umum yang bisa kamu gunakan. Misalnya Trans Jogja, bus kota dengan ukuran sedang yang satu ini akan setia mengantarkan kamu berkeliling kota Jogja. Kamu hanya perlu membayar tiket seharga Rp 3.600,- untuk bisa menggunakan transportasi ini. Trans Jogja mulai beroperasi sejak tahun 2008 dan merupakan transportasi yang nyaman, dengan kapasitas untuk 40 orang. Buat kamu yang tertarik untuk menaikinya, Trans Jogja ini beroperasi mulai dari pukul 05.30 hingga 21.30 WIB.

  • Bus Reguler
    Selain Trans Jogja, tersedia juga bus reguler yang beroperasi dari jam 06.00 hingga 17.00 WIB tapi biasanya pada rute tertentu atau hari tertentu, biasanya mereka memperpanjang jam operasional hingga pukul 21.00 WIB. Untuk menaiki bus ini kamu hanya perlu membayar seharga Rp 2.500,- tanpa memperhitungkan jarak.

  • Becak
    Mau mengelilingi kota Jogja dengan cara yang berbeda? Kamu bisa pilih becak tradisional atau becak motor yang bisa dapat kamu temukan dengan sangat mudah di Kota Pelajar ini. Dengan menggunakan transportasi ini kamu bisa berkeliling Jogja dengan lebih santai sambil menikmati suasana kota Jogja dan tentunya dengan harga yang relatif murah.

  • Andong
    Kendaraan umum tradisional lain yang bisa kamu coba adalah andong. Kamu bisa dengan mudah menemukan kendaraan yang satu ini, terutama di sekitar wilayah Malioboro. Andong bisa ditumpangi maksimal 5 orang dewasa dan beberapa penumpang anak-anak.

  • Ndalem Gamelan Hotel
    Hotel ini menawarkan suasana tradisional yang kental terasa berupa rumah berarsitektur khas Jawa yang dibangun pada tahun 1900. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena hotel ini sudah mengalami beberapa kali renovasi sehingga layak untuk ditempati.
    Alamat: Jl. Gamelan 18 Panembahan, Pusat Kota Yogyakarta

  • Rumah Paris Bed and Breakfast
    Jogja juga punya hotel bernuansa rumah yang sangat unik dan pas buat kamu. Penginapan unik ini dibangun berupa rumah mungil yang hampir mirip menyerupai rumah boneka. Dengan bernuansa vintage ala Prancis tempat ini tidak hanya cocok untuk dijadikan tempat menginap tapi juga sering dijadikan lokasi foto prewedding.
    Alamat: Jl. Parangtritis Km. 8,4 Tembi Timbulharjo, Bantul, Yogyakarta

  • Greenhost Boutique Hotel
    Sesuai dengan namanya, hotel ini berkonsep hijau. Terbukti saat kamu memasuki hotel ini, kamu akan disambut dengan pemandangan kebun sayur dan selada yang mendominasi. Semua tanaman di hotel ini ditanam dengan sistem hidroponik tanpa tanah.
    Alamat: Jl. Prawirotaman II, No. 629, Yogyakarta

  • LOKAL Hotel
    Hotel yang satu ini jadi salah satu tempat penginapan yang paling sering dikunjungi oleh banyak wisatawan karena konsep hotelnya yang berkonsep modern dan minimalis. Membuat pengunjung seperti berada di rumah sendiri, nggak heran kalau hotel ini sering terlihat eksis di media sosial.
    Alamat: Jl. Jembatan Merah, No. 104 C, Daerah Istimewa Yogyakarta

  • Masih banyak lagi hotel dan tempat penginapan di Yogyakarta yang bisa kamu jadikan alternatif seperti Horison Yogyakarta, Amaris Hotel Malioboro, Tickle Hotel, Whiz Hotel Yogyakarta, Favehotel Kotabaru, Tjokro Style, POP! Hotel Sangaji Yogyakarta, Tune Hotel Yogyakarta, Ibis Yogakarta Malioboro, THE 101 Yogyakarta Hotel, dan masih banyak lagi. Selain itu, di Yogyakarta juga tersedia banyak guest house yang bisa kamu jadikan pilihan tentunya dengan harga yang terjangkau. Alamat: Jl. Prawirotaman II, No. 629, Yogyakarta

Berikut ini beberapa daftar nomor telepon penting yang sebaiknya kamu simpan saat berkunjung ke Yogyakarta, seperti rumah sakit dan kantor polisi untuk mengantisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Rumah Sakit

  • Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Sardjito
    Telepon: (0274) 587333

  • Rumah Sakit Panti Rapih
    Telepon: (0274) 563333A

  • Rumah Sakit Bethesda
    Telepon: (0274) 586688

  • Rumah Sakit Condong Catur
    Telepon: (0274) 887494

  • Rumah Sakit Ludira Husada Tama
    Telepon: (0274) 620333

  • Rumah Sakit Permata Husada
    Telepon: (0274) 441212

  • Rumah Sakit Sardji
    Telepon: (0274) 7474642

  • Rumah Sakit Umum Daerah Sleman
    Telepon: (0274) 7495625

  • Rumah Sakit Umum Wates
    Telepon: (0274) 7495627

Kantor Kepolisian

  • Markas Besar Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta
    Telepon: (0274) 885009

  • Poltabes Yogyakarta
    Telepon: (0274) 512940

  • Polsekta Gondomanan/span>
    Telepon: (0274) 375376

  • Polsekta Pakualaman
    Telepon: (0274) 513178

  • Polsekta Kotagede
    Telepon: (0274) 374577

  • Polsekta Umbulharjo
    Telepon: (0274) 373916

  • Polsekta Danurejan
    Telepon: (0274) 589609

  • Polsekta Gedongtengen
    Telepon: (0274) 512696

  • Polsekta Kraton Kadipaten
    Telepon: (0274) 373793

  • Polsekta Jetis
    Telepon: (0274) 513136

  • Polsekta Tegalrejo
    Telepon: (0274) 513877

  • Polsekta Ngampilan
    Telepon: (0274) 512185

  • Polsekta Gondokusuman Mlati Wetan
    Telepon: (0274) 513125

  • Polsekta Mantrijeron
    Telepon: (0274) 374167