Cek jadwal dan harga tiket kereta api ke Jakarta

Jakarta, ibukota Indonesia yang selalu berdenyut tanpa mengenal waktu. Sebagai pusat bisnis dan pemerintahan, Jakarta terus dipenuhi gedung pencakar langit. Meski begitu, Jakarta tetap memiliki banyak tempat wisata menarik, seperti Monas, TMII, Kota Tua, Dunia Fantasi, dan berbagai museum yang ada. Jakarta juga memiliki wisata alam tidak kalah indah seperti Ancol, Kepulauan Seribu, Hutan Mangrove PIK, dan masih banyak lagi. Eksplor Jakarta lebih hemat dengan beli tiket kereta api di Tokopedia, harga lebih murah!

Lihat apa saja yang bisa Anda lakukan di Jakarta

Rekomendasi Tiket

Rp
Lihat Rincian:
Dewasa (x): @ Rp
Bayi (x): @ Rp 0
Pesan Tiket Sekarang
Penuh
  • Mall
    Mall masih menjadi pilihan utama tempat berakhir pekan dan liburan bagi kebanyakan warga Jakarta. Untuk mendukung Jakarta sebagai kota tujuan wisata belanja, pemerintah mengadakan program “Jakarta Great Sale” setiap bulan Juni-Juli sekaligus untuk merayakan ulang tahun kota Jakarta. Program ini diadakan di berbagai pusat perbelanjaan di Jakarta. Terdapat berbagai mall di Jakarta, baik yang menyasar kelas atas dengan menyediakan produk merk terkenal dari luar negeri ataupun mall yang menyediakan barang-barang dengan harga murah.

    Sejumlah mall di Jakarta menyediakan berbagai pilihan merk mewah terkenal, di antaranya Plaza Indonesia, Grand Indonesia Shopping Town, Plaza Senayan, Senayan City, dan Pacific Place. Terdapat pula mall dengan konsep Artpreneur seperti Mall Taman Anggrek dan Ciputra World. Selain itu, sejumlah mall terkenal lainnya yang menjual produk mancanegara meliputi Pondok Indah Mall, Mall Kelapa Gading, Central Park, dan Kota Kasablanka.


  • Museum
    Jakarta juga memiliki sejumlah tempat wisata sejarah yang meliputi museum dan tugu. Di kawasan Kota Tua, terdapat sejumlah bangunan yang merupakan bekas gedung milik Belanda yang dijadikan museum, seperti Museum Wayang, Museum Bank Indonesia, Museum Bank Mandiri, Museum Fatahillah, Museum Seni Rupa dan Keramik, dan Museum Bahari. Beberapa museum lainnya berada di Jakarta Pusat di dekat Lapangan Merdeka atau Medan Merdeka, seperti Museum Gajah, Monumen Nasional, dan Museum Katedral. Temukan juga Museum Taman Prasasti di Jakarta Pusat dan Museum Tekstil di area Tanah Abang.

    Di dalam tempat wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur kita bisa mengunjungi sejumlah museum, seperti Museum Indonesia, Museum Asmat, Museum Pusaka, Museum Timor Timur, Museum Penerangan, Museum Prangko Indonesia, Museum Keprajuritan Indonesia, Museum Olahraga, Museum Fauna Indonesia Komodo & Taman Reptil, Museum Serangga, Museum Minyak dan Gas Bumi, Museum Listrik dan Energi Baru, Museum Transportasi, Museum Telekomunikasi, Bayt Al Quran dan Museum Istiqlal, Museum Purna Bhakti Pertiwi, dan yang paling baru dibangun adalah Museum Hakka Indonesia di mana pengunjung bisa mengetahui sejarah Tionghoa di Indonesia. Museum lainnya yang bisa dikunjungi di Jakarta adalah Museum Sumpah Pemuda di Jakarta Pusat, Museum Basoeki Abdullah di Jakarta Selatan, dan masih banyak lagi.


  • Galeri dan Tempat Pameran
    Pecinta seni juga bisa menemukan sejumlah galeri dan tempat pameran di Jakarta. Salah satu yang terkenal adalah Galeri Nasional Indonesia yang terletak di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat. Terdapat pula galeri yang berada di dalam mall Grand Indonesia, yaitu Galeri Indonesia Kaya. Di daerah Kemang, Jakarta Selatan terdapat galeri seni dengan kosep yang tidak kaku, malah justru tampak seperti restoran, yaitu Dia.Lo.Gue Artspace. Galeri seni ini memamerkan karya seni lukis, seni arsitektur, patung, seni kertas kontemporer, hingga video. Selain itu, di tempat ini juga terdapat toko merchandise dan cafe.

    Terdapat pula Komunitas Salihara yang berada di daerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan yang menyediakan Teater Salihara, Galeri Salihara, Anjung Salihara, ruang perkantoran, cafe, dan teater black box yang adalah satu-satunya di Indonesia. Berbagai kegiatan seni diadakan di tempat ini seperti pameran lukisan, pertunjukan tari, acara musik, hingga diskusi rutin dengan tema beragam.

    Selain tiga galeri di atas, sejumlah galeri seni lain yang bisa dikunjungi adalah Galeri Seni Kunstkring, Mon Décor Gallery, Ruang Rupa, Artsphere Gallery, Green Art Space, Andi’s Gallery, BIASA ArtSpace, dan masih banyak lagi.


  • Tempat Makan
    Ada banyak pilihan tempat makan di Jakarta, dari cafe, restoran, food court, hingga makanan kaki lima. Dari restoran yang menyediakan makanan dengan cita rasa internasional dari luar negeri, cafe dengan sajian kopi yang nikmat, hingga makanan kaki lima yang mudah ditemukan di mana saja dengan harga murah, tinggal pilih saja mana yang paling pas.

    Makanan Indonesia bisa ditemukan dengan sangat mudah di semua mall. Jika sedang mencari fast food atau camilan ringan, food court di dalam mall menyediakan makanan dengan kisaran harga yang bersahabat. Restoran-restoran yang menyediakan makanan khas Indonesia dan bisa ditemukan dengan di mall adalah Bumbu Desa, Sari Ratu, Kafe Betawi, Sate Senayan, dan Warung Podjok.

    Tidak lengkap ke Jakarta tanpa menikmati makanan khas Betawi. Makanan-makanan yang sering diidentikkan dengan Betawi dan harus dicoba adalah sop iga sapi, soto betawi, kerak telor, bubur dingin, kue ape, roti buaya, combro, nasi uduk, dan nasi ulam. Selain itu, Rumah Makan Padang sangat mudah ditemukan di semua sudut kota Jakarta. Tidak heran kalau masakan Minang ini jadi favorit banyak orang Jakarta karena ketersediaannya di mana-mana.

    Jumlah cafe di Jakarta juga semakin meningkat, baik cafe franchise dari luar negeri seperti Starbucks, Coffee Bean, Caffe Bene, Dante Coffee, hingga cafe lokal yang ada di mall seperti Excelso, J.Co, Kopi Luwak, dsb. Pilihan cafe lokal lainnya yang tersebar di berbagai titik di Jakarta meliputi Anomali Coffee, Monolog, Crematology, Liberica, Djournal, Common Grounds, hingga Es Kopi Tak Kie yang legendaris. Cafe sering dijadikan tempat meeting untuk keperluan bisnis dan tempat hang out anak muda, baik untuk menikmati kopi ataupun menu lainnya.


Jakarta adalah ibu kota negara Indonesia, yang berada di Pulau Jawa. Jakarta merupakan pusat ekonomi dan politik Indonesia, sekaligus menjadi tempat bercampurnya berbagai budaya baik dalam negeri ataupun luar negeri.

Sebelum menggunakan nama Jakarta, kota ini pernah dikenal dengan nama Sunda Kelapa (sebelum tahun 1527), Jayakarta (1527-1619), Batavia/Batauia atau Jaccatra (1619-1942), Jakarta Tokubetsu Shi (1942-1945), dan Djakarta (1945-1972). Nama Jakarta derives dari “Jayakarta” yang diterjemahkan sebagai “kota kemenangan” atau “kota kejayaan”. Makna lain dari nama Jayakarta adalah “kemenangan yang diraih oleh sebuah perbuatan atau usaha”.

Jakarta memiliki nama panggilan The Big Durian. Seperti halnya durian, kota ini bisa memberikan kejutan dan kesan tersendiri saat kita pertama kali berada di sana, udara berdebu, cuaca yang panas terik, dengan kepadatan yang tinggi, sehingga disebut-sebut kalau wisatawan perlu usaha keras untuk menikmati Jakarta. Jakarta disebut-sebut sebagai kota yang paling berkembang di Indonesia, namun hal ini harus berhadapan dengan usaha yang sulit untuk mengikuti pertumbuhan urban. Kemacetan jadi hal yang biasa dihadapi, sedangkan sistem transportasi umum belum mampu meringankan masalah ini.

Meskipun Jakarta dikenal akrab dengan kemacetan dan polusi, kota ini tetap memiliki daya tarik hiburan yang tidak boleh dilewatkan, baik dalam bentuk wisata museum, belanja, hingga nightlife. Dengan bercampurnya semua budaya dalam kota ini, kita bisa menemukan budaya lengkap Indonesia yang unik sekaligus di satu tempat.

  • Stasiun Gambir
    Stasiun kereta api tersibuk di Jakarta ini merupakan stasiun utama untuk pengguna jasa kereta api jarak jauh. Stasiun ini terletak di Gambir, Jakarta Pusat, tepatnya di sebelah timur Monas. Stasiun Gambir melayani transportasi kereta api untuk kelas eksekutif dan bisnis untuk destinasi utama di Pulau Jawa.

  • Stasiun Jakarta Kota
    Stasiun ini lebih dikenal dengan sebutan Stasiun Kota, terletak di area Kota Tua dan hanya melayani penumpang kereta commuter line sejak tahun 2015. Stasiun kereta api terbesar di Indonesia ini adalah cagar budaya sejak tahun 1993.

  • Stasiun Pasar Senen
    Stasiun Pasar Senen juga dikenal dengan sebutan Stasiun Senen, terletak di kecamatan Senen, Jakarta Pusat. Stasiun Senen melayani transportasi kereta api eksekutif, binis, dan ekonomi dengan destinasi Jawa Tengah dan Jawa Timur.

  • Stasiun Jatinegara
    Kebanyakan kereta dengan tujuan Jakarta juga akan berhenti di Stasiun Jatinegara. Stasiun ini terletak di Jakarta Timur, dan jadi tempat pemberhentian yang tepat untuk menuju ke area timur atau selatan kota Jakarta. Stasiun ini terletak di Jatinegara, Jakarta Timur.

  • TransJakarta
    Sejak tahun 2004, Jakarta memiliki alternatif transportasi umum yang dikenal dengan nama TransJakarta. Layanan transportasi ini memakan bus AC dengan pemberhentian atau halte di jalur khusus. Sistem transportasi TransJakarta terus berkembang yang saat ini sudah ada 12 koridor yang saling terhubung sehingga memudahkan akses transportasi ke semua wilayah Jakarta.

  • Bus
    Ketika membeli tiket bus, sebaiknya beli di tiap booth resmi perusahaan bis terkait. Hindari pembelian tiket di luar booth karena harganya lebih mahal dan ketidakjelasan tujuan bis. Terdapat banyak terminal bis di dalam kota Jakarta, tetapi tidak semuanya melayani transportasi dalam kota. Perhatikan keterangan AKAP (Antar Kota Antar Provinsi). Terminal bus yang ada di Jakarta mudah dijangkau karena setiap bus, baik bus dalam kota ataupun airport shuttle memiliki rute yang dimulai dan berakhir di terminal. Selain itu, bus transjakarta juga berhenti di terminal bus. Pastikan juga destinasi tujuan bus antar kota yang ada, karena beberapa bus juga melayani pemberhentian di titik tertentu selain destinasi utama di Pulau Jawa.

    • Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur
      Terminal tersibuk yang melayani bus dalam kota. Terminal ini terletak di Jalan Lingkar Luas Selatan, tepatnya di kawasan Rambutan, Jakarta Timur. Terminal ini melayani keperluan transportasi bus dengan rute Bandung, Cirebon, Sukabumi, Tasikmalaya, Garut, Cikampek, Banjar, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Kediri, Malang, Madiun dan kota lainnya.

    • Terminal Pulo Gadung, Jakarta Timur
      Terminal paling sibuk kedua di Jakarta yang melayani berbagai layanan bus dengan tujuan utama sepanjang pantai utara Jawa, seperti Cirebon, Tegal, Pekalongan, Semarang, dan Surabaya. Beberapa bus juga melayani tujuan ke Bandung, bahkan Bali dan Lombok. Terminal ini berada di Jalan Perintis Kemerdekaan dan Jalan Bekasi Raya, kawasan Pulo Gadung, Jakarta Timur.

    Selain dua terminal tersibuk di atas, beberapa terminal yang bisa lainnya yang sering dijadikan lokasi pemberhentian bus adalah Terminal Lebak Bulus, Terminal Rawamangun, Terminal Blok M, Terminal Kalideres, dan masih banyak lagi.

  • Taksi
    Terdapat berbagai layanan taksi di Jakarta yang memiliki reputasi baik seperti Silver Bird, Blue Bird, dan Express. Silver Bird adalah taksi premium dengan harga yang lebih mahal dari taksi lainnya, namun memiliki pelayanan dan armada yang baik. Blue Bird dan Express adalah pilihan lainnya untuk taxi dengan pelayanan baik dengan harga yang lebih terjangkau. Semua taksi menggunakan argo untuk penghitungan tarif, oleh karena itu hindari taksi yang mematok harga pas tanpa menggunakan argo.

  • Layanan transportasi berbasis aplikasi
    Selain layanan taksi di atas, kini tersedia pula layanan taksi online berbasis aplikasi seperti Uber, GrabTaxi, dan Go-Car yang memampukan penggunanya untuk memesan taksi langsung dari handphone. Layanan taksi online ini dinilai banyak orang lebih murah dan memberikan pelayanan yang memuaskan.

    Selain taxi, kita juga bisa memilih layanan ojek online yang mempermudah pemesanan ojek. Apalagi ojek dinilai lebih cepat dan mudah untuk menghadapi kemacetan Jakarta. Kebanyakan ojek online bisa dipesan lewat layanan Go-Jek, GrabBike, dan UberMotor.

  • Hotel
    Terdapat berbagai pilihan hotel di Jakarta, dari bintang 2, 3, 4, atau 5. Kita bisa memilih hotel dengan harga yang terjangkau atau hotel mewah yang terkenal dari luar negeri. Sebelum menentukan akan menginap di hotel mana, pertimbangkan lokasi, biaya, fasilitas, keamanan, pelayanan, dan reputasi hotel terkait.

    Beberapa nama hotel mewah dengan standar internasional di Jakarta adalah grup Hotel Accor (Mercure, Grand Mercure, Ibis, Novotel, Pullman), Intercontinental, Le Meridien, Shangri-La, dan Kempinski. Sedangkan hotel lokal dengan pelayanan dengan fasilitas yang tidak kalah mewah adalah Hotel Sultan, Mulia, dan Santika. Untuk harga yang relatif terjangkau, kita bisa menginap di hotel berbintang 1-3 yang bisa ditemukan dengan mudah di Jakarta.


  • Penginapan Budget
    Penginapan murah di hostel backpacker (losmen) bisa ditemukan di Jalan Jaksa, letaknya dekat dengan Stasiun Gambir dan Sarina. Jalan Jaksa merupakan tempat persinggahan wisatawan mancanegara yang memiliki harga akomodasi yang murah. Harga penginapan sangat terjangkau, mulai dari Rp 50.000 per malamnya. Untuk kamar bersih dengan AC dan kamar mandi di dalam ruangan tersedia dari harga Rp 100.000 per malam.

    Untuk penginapan dalam jangka waktu yang cukup lama, misalnya satu bulan atau lebih, tersedia opsi lain yang lebih murah yaitu kost (sewa kamar) dan apartment sebagai alternatif yang lebih murah. Ruangan yang sudah lengkap dengan fasilitas seperti TV, AC, tempat tidur, kamar mandi bisa disewa mulai dari Rp 1.5-4 juta per bulannya. Harga lebih murah juga tersedia, mencapai di bawah Rp 1 juta, namun biasanya hanya menyediakan tempat tidur saja, atau malah tanpa fasilitas apapun. Untuk apartment, harga berkisar dari Rp 3 juta sampai 4 juta ke atas dengan fasilitas satu atau dua ruangan, dapur, dan balkon. Tentu saja harga sewa apartment lebih murah bisa didapat jika waktu sewanya lebih sama, misalnya 6 bulan-1 tahun.

  • Ambulans: 118, meski banyak yang menganggap lebih baik naik taksi ke rumah sakit.
  • Polisi: 110
  • SAR (Search and Rescue): 115
  • Pemadam Kebakaran: 113
  • Mabes Polri: +62 21 7218144
  • Polda Metro: Jaya +62 21 5709261