Cek jadwal dan harga tiket kereta api ke Bandung

Bandung adalah destinasi liburan populer, terutama dari kota-kota di sekitarnya. Baik pusat kota hingga wisata alam, Bandung selalu ramai saat liburan. Kunjungi Tahura, Gunung Tangkuban Perahu, Kawah Putih dan area Ciwidey kalau sedang cari objek wisata alam. Mampir juga ke Braga, Trans Studio, berbagai factory outlet saat berada di pusat kota. Liburan ke Bandung selalu seru baik dengan teman ataupun keluarga. Lebih hemat kunjungi Bandung dengan naik kereta api. Beli tiket kereta di Tokopedia dijamin lebih murah.

Lihat apa saja yang bisa Anda lakukan di Bandung

Rekomendasi Tiket

Rp
Lihat Rincian:
Dewasa (x): @ Rp
Bayi (x): @ Rp 0
Pesan Tiket Sekarang
Penuh

Kota Bandung terkenal juga dengan sebutan kota pelajar, karena banyaknya universitas ternama Indonesia disini. Contohnya ITB (Institut Teknologi Bandung), UnPar (Universitas Parahyangan), UnPad (Universitas Padjajaran), etc. Disitu pula cikal bakal terciptanya tempat-tempat gaul, aktifitas seru, pusat anak muda, dan gemerlap malam hari. Beberapa rekomendasi akan dibahas di bawah ini:

  • Malam Mingguan di Jalan Dago sudah menjadi pusat berkumpulnya anak muda setiap akhir pekan. Jalan ini penuh sesak dengan mobil modifikasi bermusik keras. Sepanjang jalan dapat dinikmati anak-anak hiphop melakukan atraksi jalanan. Dari kafe dan restoran mewah juga sampai pedagang kaki lima jualan janggung panggang, meriah hingga tengah malam. Seru! Di Bandung marak dengan wisata kuliner, karena memang makanan-makanan khas nya yang lezat apalagi jika dinikmati dikotanya langsung. Kawasan Kuliner Burangrang adalah salah satu yang terkenal dimana jalan Burangrang dipenuhi dengan kios-kios dan warung-warung kecil, tentunya dengan harga yang sangat ekonomis. Jalan ini adalah dua arah akses menggunakan mobil. Pengunjung dapatkan masuk melalui Lingkar Selatan jalan dari Selatan atau Ahmad Yani jalan dari Utara.

  • Pusat perbelanjaan di Bandung cukup terkenal di Jawa Barat, salah satunya yaitu Paris Van Java Mall. Suasana yang menarik dengan lingkungan kombinasi antara mall outdoor dan indoor. Tempatnya yang asik untuk menghabiskan waktu sore sepoi-sepoi bersama sahabat sembari ngobrol-ngobrol santai. Tenant-tenant yang tersedia juga ternama seperti XXI, Zara, Topshop, Carrefour, dan lainnya. Trans Studio Mall, sebelumnya dikenal dengan Bandung Supermal, baru-baru ini kembali marak karena adanya taman rekreasi Trans Studio Bandung. Banyak wahana-wahana dan acara seru bertemakan 'Dunia Lain', 'Jelajah', dan 'Si Bolang'. Trans Studio Hotel juga mewah membuat para pengunjung betah karena mendapatkan fasilitas yang lengkap.

  • Bandung terkenal dengan factory outlets nya dan kebanyakan berada di Jl. Riau, Jl. Dago, Jl. Sukajadi. Heritage (didalam gedung bersejarah), Cascade, Summit, Secret, Terminal Tas, Edward Forrer, Stamp, Rumah Mode, dan lainnya. Jangan lupa untuk mencoba jajanan kecil di luar outlet seperti sop Durian, Batagor, Siomay, Cimol, Cilor, etc. Distro adalah fenomena baru di Bandung di mana toko-toko menjual produk-produk gaya yang dibuat oleh desainer lokal. Produk yang dijual adalah buku-buku, catatan indie, produk-produk fashion dan aksesoris. Ada lebih dari 200 merek lokal di Bandung. Satu hal yang membuat distro berdiri keluar dari factory outlet adalah bahwa distro berasal dari desainer individu dan pengusaha muda, sementara produk factory outlet berasal dari sebuah pabrik garmen. Rekomendasi kebanyakan berada di jalanan Trunojoyo seperti Invictus, Badger, Blackjack, Screamous, Cosmic, juga banyak lainnya tersebar di Bandung.

  • Untuk yang rela melakukan perjalanan extra, bisa dicoba tempat wisata terkenal di luar Bandung. Salah satunya adalah gunung berapi yang masih aktif, Tangkuban Perahu. Pernah dengar legenda rakyat Sangkuriang dan Dayang Sumbi? Gunung Tangkuban Perahu memang mirip seperti perahu yang terbalik. Terletak di Utara kurang lebih 30 km dari Bandung, banyak para pengunjung berangkat subuh-subuh untuk mendaki atau naik ke tepi kawah untuk melihat mata air panas dan mendidih lumpur dari dekat , dan membeli telur yang dimasak pada permukaan panas. Kawah Upas dan Kawah Domas adalah beberapa contoh kawah indah yang terbentuk akibat letusan gunung berapi ini. Tidak kalah tenar nya, Kawah Putih juga sering menjadi tujuan utama para wisatawan. Sebuah danau kawah yang mencolok dan tempat wisata di kawah gunung berapi. Suasana yang serba putih membuat tempat ini sering dijadikan pemotretan pernikahan (pre-wedding photoshoot). Walaupun lebih jauh, para pengunjung tetap rela menempuh 50 km dari kota Bandung ke arah Selatan.

  • Ada yang hobi dengan kerajinan tangan? Nah jangan khawatir, di Bandung banyak hasil karya khas yang menjadi nilai jual kota ini. Contohnya alat musik Angklung, salah satu rekomendasi untuk pengalaman yang maksimum adalah Saung Angklung Udjo. Selain jual berbagai bentuk Angklung, Saung Udjo juga menggelar pertunjukan yang sifatnya berinteraksi dengan para penonton. Para penonton tidak hanya menonton dan mendengarkan musik indah Angklung, namun juga masing-masing dipinjami Angklung untuk bersama-sama memainkan sebuah lagu. Untuk yang penasaran, Saung Udjo berlokasi di Jl. Padasuka No.118, Pasirlayung, Cibeunying Kidul, Kota Bandung. Wayang Golek merupakan salah satu hasil karya khas Indonesia yang membanggakan. Bagi para kolektor wayang, bisa mencari Wayang Golek di Galeri Cupumanik, Jl. Haji Umar. Banyak pertunjukan wayang di sekitar wilayah kota Bandung, salah satu yang besar berada di Jl. Kebon Binatang No. 6, Lingkung Seni Daya Sunda.

Belum lengkap perjalanan ke Bandung jika belum mencoba kulinernya. Selain terkenal makanannya yang enak dan beragam, Bandung juga ramai dengan cafe-cafe dan restoran-restoran unik menarik. Terutama restaurant di daerah Dago, siapa yang tidak kenal Sierra Cafe & Lounge, Kampung Daun, Congo Gallery & Cafe, atau The Valley Bistro? Ini tempat-tempat bagi mereka yang ingin menikmati pemandangan, makan di sebuah desa Sunda lokal, atau makanan internasional romantis. Tips, jangan menaruh harapan mengenai rasa untuk sebaik pandangan dan pengalaman ya.

  • Sierra Cafe & Lounge Jl. Bukit Pakar no 33
  • Kampung Daun Jl Sersan Bajuri Km 4.7 No 88 Villa Trinity Complex
  • Congo Gallery & Cafe Jl. Rancakendal Luhur No.8
  • The Valley Bistro Jl. Lembah Pakar Timur No. 28

  • Untuk para pecinta kopi, cobain juga nih tempat yang lagi naik daun, Armor Kopi Bandung. Menikmati hangat nya kopi di tengah hutan Pinus Juanda yang rindang, keren banget kan? Armor diambil dari ARabica Multi ORigin. Harga yang ditawarkan juga rata-rata di bawah Rp 50.000. Lokasi nya di Parkiran Taman Hutan Raya Djuanda Dago. Yuk cobain segera terus upload foto biar makin eksis!

  • Makanan lokal yang wajib dicoba di Bandung tidak kalah lezatnya dengan makanan ibu kota. Dicoba ya: Bakmie Naripan, Bakso Tahu / Siomay, Batagor Kingsley, Mie Kocok, Sate Kardjan, Waroeng Boentoet, Kedai Ma' Uneh, Baso Lela, Nasi Timbel, Martabak San Francisco, Basreng. Semua yang sudah disebutkan itu cuma bisa ditemukan di Bandung, makanya jangan sampai kelewatan.

Bandung merupakan kota terbesar di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya, banyak orang mengenal dengan Parijs Van Java. Disebut sebagai Paris nya pulau Jawa karena struktur kota ini yang memiliki kemiripan dengan kota Paris dan atmosfer Eropa.

Pada abad ke-17 ke-18, Hindia Belanda (VOC) dibuat perkebunan kecil di Bandung, dengan jalan ke Jakarta selesai pada 1786. Pemerintah Belanda ketika itu, Daendels, sangat menyukai lokasi strategis Bandung, sehingga ia memerintahkan untuk memindahkan semua modal ke kota Bandung. Selain hasil alam yang kaya di kota Bandung seperti kina, teh, kopi, dan lainnya; kota Bandung juga dihiasi dengan Masjid Agung, dan pendopo di alun-alun Jawa dekat sepasang sumur suci kota yang menghadap gunung mistis Tangkuban Perahu.

ITB (Institut Teknologi Bandung) yang dulunya bernama Technische Hogeschool (TH) berdiri pada tanggal 3 Juli 1920, merupakan sekolah pertama yang ada di kota Bandung. TH juga merupakan sekolah mantan presiden kita Ir Soekarno. Sampai sekarang, ITB merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia.

Bandung Lautan Api pun mempunyai sejarah pada 24 Maret 1946.Selama perjuangan kemerdekaan Indonesia, Kota Bandung dibakar oleh pasukan dari TRI karena mereka tidak akan mematuhi perintah yang diberikan oleh pasukan Inggris untuk pindah ke Selatan. Bagi pasukan TRI, tindakan ini merupakan tanda pantang menyerah. Lebih dari 200.000 orang meninggalkan kota dalam insiden itu.

PT Kereta Api Indonesia menawarkan banyak pengoperasian layanan antara Jakarta dan Bandung, serta koneksi ke Surabaya. Pemandangan antara Jakarta dan Bandung sangat indah, sehingga banyak orang menikmati perjalanan naik kereta. Kereta api melewati pegunungan, padi teras, dan yang paling banyak diabadikan ketika perjalanan adalah jembatan Sakalibel Bumiayu. Kelas dan harga yang ditawarkan menuju kota Bandung juga bervariasi dari yang menggunakan AC hingga yang tidak ber-AC. Untuk pembelian tiket kereta, dapat dilakukan di stasiun maupun secara online. Tokopedia Tiket juga menyediakan tiket kereta semua kelas semua jurusan. Banyak juga promo yang tersedia sehingga perjalananmu semakin irit dan menyenangkan. Bagi yang membeli secara online, kode pemesanan akan dikirimkan melalui email, juga dapat ditemukan pada thank you page. Alternatif lain bisa juga dapatkan hanya kode pemesanan secara lain dan pembayaran dilakukan di stasiun, kantor pos, agen tiket kereta api, Indomaret, Alfamart, Railcard & Railbox, dan Tiket Tokopedia. Anda juga dapat langsung membeli tiket tanpa kode booking di ini distributor tiket online.

Gerbong kereta api antar kota yang tersedia ke berbagai jurusan seperti Argo Parahyangan tujuan Gambir, Argo Wilis: Surabaya Gubeng, Harina: Surabaya Pasar Turi melalui Semarang Tawang, Lodaya: Solo Balapan, Malabar: Malang, Mutiara Selatan: Surabaya Gubeng, Turangga: Surabaya Gubeng, Ciremai Ekspres: Cirebon. Kereta api komuter juga tersedia di antaranya adalah Lokal Bandung Raya tujuan Padalarang dan Cicalengka, dan Simandra tujuan Purwakarta and Cibatu

Angkot, ojek, sewa mobil, bus, atau taxi. Sewa mobil banyak dilakukan para pengunjung untuk destinasi Bogor, Puncak, dan Sukabumi. Ketiga area tersebut juga merupakan lokasi wisata yang tidak jauh dari pusat kota Bandung. Menyewa mobil dikenakan biaya sekitar Rp500.000 - Rp 600.000 /hari (12 jam), tidak termasuk bensin, parkir dan tol untuk perjalanan luar Bandung seperti Tangkuban Perahu. Bus kota DAMRI adalah bus kota Bandung yang melayani jasa transportasi rute panjang melintasi kota dari utara ke selatan dan dari barat ke timur. Untuk alternatif transportasi yang lebih efisien, e-commerce transportasi siap membantu seperti Grab, Uber, dan Gojek. Ada yang baru lho dari Tokopedia! Buat yang butuh barang tapi tidak bisa ditemukan di tempat berbelanja terdekat, sekarang bisa menggunakan Go-Kilat. Beli barang, dan di antar di hari yang sama.

Lokasi strategis tentunya menaruh tarif yang cukup tinggi. Ada harga, ada rupa. Penginapan yang enak membuat perjalanan menjadi nyaman. Beberapa rekomendasi yang bisa disebutkan diantaranya The Trans Luxury Hotel di Jl. Gatot Subroto no. 289, Ibis Hotel Bandung (yang terletak dekat dengan Trans Luxury Hotel), Hyatt Regency Bandung di Jl. Sumatera 51, The Palais Dago Hotel di Jl. Ir. H. Djuanda No. 90,

Terdiri juga dibawah ini solusi untuk menghemat biaya di penginapan:

  • De Riau Motel: Jl. Cimanuk 37
  • De Hoff Atria Guest House: Jl. Westhoff dekat Pasirkaliki dan Pajajaran
  • Venice Guesthouse: Jl. Kebon Sirah No 6 40117
  • Chez Bon Hostel: Jl. Braga 45
  • GARDEN Hostel: Ir.H.Juanda 294 B, Dago
  • Berbagai jenis penginapan juga sesuai selera dapat dicari melalui Airbnb

Segala jenis kontak darurat kota Bandung dapat ditemukan dibawah ini:

  • Ambulan: 118
  • Polisi: 110

Setiap kantor polisi nomor telefon yang tersedia juga berbeda tergantung lokasi pelaporan, diantaranya terdapat dibawah ini:

  • Polda Jawa Barat: (022) 7806392
  • Polresta Bandung Barat: (022) 203 1615
  • Polresta Bandung Tengah: (022) 7200058 / (022) 7271115
  • Polresta Bandung Timur: (022) 7805981
  • Polres Cimahi: (022) 2031181

Berjaga-jaga nomor telpon rumah sakit baik untuk antisipasi keperluan darurat, berikut rumah sakit dengan layanan 24 jam:

  • RS Umum Pusat Dr Hasan Sadikin: (022) 2034953
  • RS Santo Borromeus: (022) 250 4041 / (022) 2552000
  • RS Rajawali: (022) 6011913
  • RS Advent Bandung: (022) 2034386
  • RS Immanuel Bandung: (022) 5001656
  • RS Santo Yusup Bandung: (022) 7208172
  • RS Muhammadiyah Bandung: (022) 7301062
  • Santosa Bandung International Hospital: (022) 4248555